Daftar Isi:
  • Dewasa ini, telekomunikasi memegang peranan penting dan strategis dalam kehidupan manusia. Indonesia merupakan Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia hampir 85% yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu, merupakan salah satu peluang perusahaan telekomunikasi seperti PT TELKOM tbk melalui layanan selulernya Flexi untuk mengembangkan produknya di antaranya produk konten Islami. Penelitian ini bertujuan menguji apakah konten Islami berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dalam pembelian handphone Nexian C900 di Flexi Center Semarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel adalah sample accidental. Populasinya adalah Semua orang yang memiliki minat konten Islami di Flexi Center Plaza Simpang 5 Semarang. Kuesioner didistribusikan kepada responden yang berkunjung di Flexi Center Plaza 5 Semarang sebanyak 100 responden. Kemudian metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi, teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi linear, dan uji hipotesis. Hasil olahan statistik yang dibantu dengan dengan program SPSS 16.0 for widows menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (konten Islami) terhadap variabel dependen (minat beli konsumen) mampu memberikan sumbangan sebesar 35,1%, sedang yang 64,9%, sisanya di jelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti) atau dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Variabel tersebut antara lain berada pada Harga, Warna (corak), Model, dan Kemasan maupun variabel lainnya. Hasil uji empiris pengaruh antara konten Islami terhadap minat beli konsumen, menunjukkan nilai t hitung 7,281 dan p value (sig) sebesar 0,000 yang di bawah 5%, dengan menggunakan tingkat alpha 5%, maka posisi nilai probabilitasnya berada dibawah Alphanya. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konten Islami terhadap minat beli konsumen. Dari hasil penelitian tersebut diharapakan bermanfaat bagi semua pihak terutama dalam meningkatkan minat beli konsumen.