Strategi pembelajaran PAI bagi peserta didik tunagrahita di SD Suryo Bimo Kresno Semarang
Main Author: | Fadlilah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8379/1/1400018039_Tesis.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8379/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diberikan pada peserta didik tunagrahita membutuhkan strategi pembelajaran secara khusus. Hal ini disebabkan peserta didik tunagrahita memiliki hambatan, kesulitan dan keterbelakangan perkembangan mental dan intelektual yang berbeda dengan peserta didik normal. Oleh karena itu pemilihan strategi dalam pembelajaran harus memerhatikan masing-masing karakteristik peserta didik tunagrahita. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah bagaimanakah strategi pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita di SD Suryo Bimo Kresno Semarang? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif (natural setting) dengan pendekatan analisis deskriptif, teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan tahapan penyaringan data, penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita di SD Suryo Bimo Kresno Semarang dilakukan dengan tiga tahapan yaitu strategi dalam membuat perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam membuat perencanaan pembelajaran disamakan antara tunagrahita ringan, sedang dan berat. Adapun strategi dalam pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dibedakan antara peserta didik tunagrahita ringan, sedang dan berat. Bagi peserta didik tunagrahita ringan dan sedang dapat dilakukan secara bersama, tetapi bagi tunagrahita berat membutuhkan perhatian khusus dan bimbingan khusus, bahkan membutuhkan shadow yang dapat membantu guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.