Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membiasakan pelaksanaan sholat berjamaah siswa di SMP IT Darut Tahfidz Sayung Demak

Main Author: Kholis, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8348/1/113111078.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8348/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan pelaksanaan sholat duhur berjamaah di SMP IT Darut Tahfidz Sayung Demak. Faktor pendukung dan penghambat serta cara mengatasi hambatan tersebut. Kajian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sholat berjamaah, hasil penelitian diharapkan dapat dipergunakan untuk pertimbangan dan masukan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Darut tahfidz Sayung Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan denagn menggunakan metode observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi tehnik, sumber,waktu. Kemudian teknis analis data dilakukan dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya upaya guru Pendidikan Agama Islam yang cukup signifikan dalam Membiasakan pelaksanaan sholat duhur berjamaah di SMP IT Darut Tahfidz Sayung Demak. Hal ini dapat dilihat dari upayanya yaitu memberikan contoh atau teladan, memberikan nasehat (mauidloh), membiasakan, menegakkan kedisiplinan, serta memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa untuk dapat terbiasa menjalankan ibadah sholat duhur berjamaah. Kemudian dalam hal ini faktor pendukung adalah adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dan guru PAI, ada tata tertib sekolah sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap pentingnya sholat berjamaah, prilaku siswa, personil guru yang mengontrol siswa kurang dan tindak lanjut pengawasan dari lingkungan keluarga masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para guru di lembaga pendidikan tersebut.