Persepsi siswa tentang metode sorogan terhadap kemampuan membaca Al Qur’an santri i’daddy Pondok Pesantren Darussalam, Kemiri, Kec. Subah, Kab. Batang

Main Author: Ulfiyah, Ulfiyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8345/1/133111097.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8345/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengambil fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah; 1. Adakah pengaruh persepsi siswa tentang metode sorogan terhadap kemampuan membaca Al Qur’an santri I’daddy Pondok Pesantren Darussalam, Kemiri, Kec. Subah, Kab. Batang? Metode penelitian ini menggunakan angket dan tes. Adapun teknik analisis datanya menggunakan rumus regresi linier sederhana. Variabel dalam skripsi ini ada 2 macam, yaitu Persepsi Siswa tentang Metode Sorogan sebagai variabel X dan Kemampuan Membaca Al Qur’an Santri sebagai variabel Y. Penelitian ini mengambil sampel yang berjumlah 30 santri i’daddy. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara Persepsi Siswa tentang Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Santri, digunakan uji korelasi product moment. Dan diperoleh indeks korelasi 0,470. Karena rxy = 0,470 > rtabel = 0,361 pada taraf signifikansi 5% maka data signifikan. Artinya, hipotesis diterima. Adapun perhitungan koefisien determinan menunjukkan bahwa variabel X memberi kontribusi atau sumbangan 22,80% terhadap variabel Y. Kemudian dari perhitungan uji t diperoleh thitung =2,83 > ttabel = 0,36 untuk taraf signifikansi 5% dk = 28, maka pengaruh antara variabel X dan Y dinyatakan signifikan. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara Persepsi Siswa tentang Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Santri. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.