Motivasi menghafal Al-Qur’an mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang angkatan 2015/2016
Main Author: | Hidayah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8326/1/133111072.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8326/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa FITK UIN Walisongo dalam menghafalkan Al Qur’an Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik snow ball sampling. Teknik uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi yang dimiliki mahasiswa FITK UIN Walisongo Angkatan 2015/2016 ada dua macam, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Setiap mahasiswa tidak hanya memiliki satu motivasi saja, akan tetapi satu mahasiswa paling minimal memiliki motivasi dua, baik itu motivasi yang bersifat intrinsik maupun motivasi yang bersifat ekstrinsik. Motivasi intrinsik yang dimiliki oleh mahasiswa dalam menghafalkan al-Qur’an adalah: a) ingin menjadi orang yang mampu menjaga kitab Allah, b) ingin dapat mendalami ilmu Al Qur’an, c) ingin mendapatkan berkah dari Al Qur’an, d) ingin menjadi hafidzah. Sedangkan motivasi ekstrinsik yang dimiliki oleh mahasiswa dalam menghafal Al Qur’an adalah: a) Dorongan dari Orang Tua, b) Dorongan dari Keluarga Besar, c) Dorongan dari Teman/Sahabat, d) Dorongan dari Guru, e) Dorongan dari Lingkungan Sekitar, f) Agar bisa Mengajarkan Masyarakat yang belum bisa Membaca Al Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan memberikan pengalaman kepada pendidik dan peserta didik untuk meningkatkan motivasi bersekolah.