Strategi pemasaran life skills untuk meningkatkan minat peserta didik Studi Kasus di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus

Main Author: Hidayah, Bidayatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8312/1/133311033.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8312/
Daftar Isi:
  • Kajian skripsi ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat masyarakat terhadap MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Tingginya minat tersebut diantaranya disebabkan oleh life skills yang ditawarkan di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus terasebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana strategi pemasaran life skills untuk meningkatkan minat peserta didik di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus? permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Lembaga Pendidikan Islam tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret strategi pemasaran life skills untuk meningkatkan minat peserta didik. Datanya diperoleh dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan model analisis dan interaksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran life skills untuk meningkatkan minat peserta didik di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus secara tidak langsung menggunakan strategi marketing mix yang meliputi tujuh aspek yaitu: produk, produk yang ditawarkan berupa program pendidikan life skills. Harga, biaya yang harus dibayar untuk mendapatkan jasa pendidikan life skills yaitu Rp.300.000/tahun. Tempat, tempat atau lokasi life skills cukup memadahi dan nyaman sehingga dapat menunjang keberhasilan dalam belajar. Promosi, promosi yang dilakukan menggunakan, brosur, spanduk, promosi dari alumni dan web. Orang, sumber daya manusia yang ada di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus semua S1 dan kompeten dalam bidangnya. Sarana prasarana yang ada di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus tergolong lengkap dan memadahi. Proses, proses layanan jasa yang ada di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus meliputi tiga tahap yaitu: tahap pemberian materi, tahap praktik dan tahap follow up (tindak lanjut).