Pengaruh lingkungan belajar dan kualitas layanan pembelajaran terhadap kepuasan pelanggan pendidikan di SMK NU 01 Kendal

Main Author: Fawwazuddin, Muhammad Nawaf
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8309/1/123311031.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8309/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi rata-rata-rata siswa dan orang tua yang menikmati jasa pendidikan di SMK NU 01 Kendal, merasa puas dengan hasil pendidikan yang dilihat dari nilai dan keseriusan guru dalam mengajar guru, namun letak lingkungan yang jauh dari jalan raya, banyaknya jam kosong dan biaya pendidikan yang masih ada yang membutuhkan biaya banyak menjadikan sedikit kekecewaan bagi siswa dan orang tua sebagai pelanggan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh lingkungan belajar terhadap kepuasan pelanggan pendidikan di SMK NU 01 Kendal?. 2) Adakah pengaruh kualitas layanan pembelajaran terhadap kepuasan pelanggan pendidikan di SMK NU 01 Kendal?. 3) Adakah pengaruh lingkungan belajar dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pendidikan di SMK NU 01 Kendal? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket dan dokumentasi, dengan menggunakan metode survai di lapangan dengan teknik analisis regresi dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap kepuasan pelanggan pendidikan di SMK NU 01 Kendal. Hasil tersebut didapat dari uji signifikansi sebesar thitung = 8.686 > ttabel (0,05=130) = 1,980 dan ttabel (0,01=130) = 2,617, sehingga ada signifikansi karena thitung > ttabel antara kedua taraf tersebut. Begitu juga pada nilai regresi diperoleh hasil perhitungan sebesar Freg = 75.448> Ft0,05 = 3,92 dan Freg = 75.448> Ft 0,01 = 6,81, sehingga diperoleh Freg > Ftabel dan berarti signifikan. 2) Ada pengaruh positif kualitas layanan pembelajaran terhadap kepuasan pelanggan pendidikan di SMK NU 01 Kendal. Hasil tersebut dapat diketahui hasil perhitungan dari uji signifikan sebesar thitung = 5.444 > ttabel (0,05=130) = 1,980 dan ttabel (0,01=130) = 2,617, sehingga signifikan karena thitung > ttabel. Begitu juga pada nilai regresi diperoleh hasil perhitungan sebesar Freg = 29.633 Ft0,05 = 3,92 dan Freg = 29.633> Ft0,01 = 6,81, sehingga diperoleh Freg > Ftabel dan berarti signifikan. 3) Terdapat pengaruh lingkungan belajar dan kualitas layanan pembelajaran terhadap kepuasan pelanggan pendidikan di SMK NU 01 Kendal. Hal ini ditunjukkan thitung = 9.250 > ttabel (0,05=130) = 1,980 dan ttabel (0,01=130) = 2,617 sehingga signifikan karena thitung > ttabel, Begitu juga pada nilai regresi diperoleh hasil perhitungan sebesar Freg = 42.447 > Ft0,05 = 3.07 dan Freg = 42.447> Ft0,01 = 4.78, sehingga diperoleh Freg > Ftabel dan berarti signifikan. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh lingkungan belajar dan kualitas layanan pembelajaran terhadap kepuasan pelanggan pendidikan di SMK NU 01 Kendal. Saran penulis terhadap semua orang yang mau membaca skripsi ini yaitu untuk sekolah perlu mengembangkan lingkungan belajar dan kualitas layanan pembelajaran yang baik. Untuk Kepala SMK NU 01 Kendal agar bersifat demokratis dalam memimpin. Guru perlu meningkatkan etos kerja, melakukan pelatihan pendidikan untuk meningkatkan kompetensi dan mementingkan proses pembelajaran dibanding urusan yang lain.