Pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru di MTS N Karangawen Demak

Main Author: Mahmudah, Nur Laila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8308/1/133311043.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8308/
Daftar Isi:
  • Pendidikan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam pembangunan suatu bangsa. Guru adalah sosok yang menempati posisi dan memegang peran penting dalam pendidikan. Sehingga, guru dituntut untuk meningkatkan kualitas dalam melaksanakan tugasnya agar memiliki kinerja yang tinggi. Untuk meningkatan kinerja perlu diberi kesempatan dalam mengembangkan potensinya, karena menjadi guru yang memiliki keahlian dalam mendidik memerlukan pelatihan dan dan pengalaman pengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru di MTs N Karangawen Demak, (2) menjelaskan pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru di MTs N Karangawen Demak, (3) menjelaskan pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru di MTs N Karangawen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket, dengan jumlah responden 51. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan menggunakan regresi liier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) nyaris tidak terdapat pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru di MTs N Karangawen Demak dengan R Square= 0,002, F hitung = 0,075 < F tabel 4,04 pada taraf signifikan 5%. 2) nyaris tidak terdapat pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru di MTs N Karangawen Demak, dengan R Square = 99,999, Fhitung= 0,028 < F tabel 4,04 pada taraf signifikan 5%. 3) tidak terdapat pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru di MTs N Karangawen Demak, dengan R Square = 99,982, Fhitung = 0,045 < F tabel 4,04 pada taraf signifikan 5%.