Pengaruh persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang
Main Author: | Khoiriyah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8297/1/133311056.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8297/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan perpustakaan diharapkan akan menjadikan perpustakaan sebagai tempat sarana informasi yang selalu diperlukan oleh peserta didik dan semakin menumbuhkan minat baca siswa. Dari aspek ini diduga belum optimalnya upaya pelayanan perpustakaan di MI Darul Ulum Semarang. Penelitian di dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) seberapa besar pengaruh persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan di MI Darul Ulum Semarang? (2) seberapa besar minat baca siswa di perpustakaan MI Darul Ulum? (3) Adakah pengaruh persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di MI Darul Ulum? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan yaitu 101,99 dikategorikan cukup baik. (2) Minat baca siswa yaitu 54,6 dikategorikan cukup baik. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Dari uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy = 0,614>rtabel dengan taraf signifikansi 5% = 0,219. Hal ini menunjukkan bahwa antara kedua variabel memiliki korelasi, karena rxy > rtabel. Dari hasil perhitungan regresi juga menunjukkan hasil yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari analisis regresi sederhana, diperoleh Freg = 47,853 dan Ftabel = 3,96. Jika dibandingkan maka Freg > Ftabel. Hal ini juga ditunjukkan dengan persamaan garis regresi = 0,507+0,530X dan sumbangan 37,7%. Jadi dapat dikatakan bahwa persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat baca siswa di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi dan masukan bagi pihak yang terlibat dalam pelayanan perpustakaan supaya meningkatkan pelayanan untuk menjadi lebih baik lagi, agar setiap siswa maupun guru tetap merasa puas.