Pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan peserta didik di MA Banat Tajul Ulum Brabo 2017/2018
Main Author: | Azizah, Siti Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8295/1/Halaman%20depan.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8295/2/BAB%20I.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8295/3/BAB%20II.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8295/4/BAB%20III.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8295/5/BAB%20IV.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8295/6/BAB%20V.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8295/ |
Daftar Isi:
- Kajiannya dilatar belakangi oleh pentingnya kualitas layanan pada suatu lembaga pendidikan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan sehingga pelanggan merasakan kepuasan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kualitas layanan akademik; (2) Bagaimana kepuasan peserta didik; (3) Bagaimana pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data statistik. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 46 peserta didik. Instrumen angket sebelum digunakan untuk memperoleh data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Peserta didik dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan hasil kualitas layanan dan kepuasan. Setelah dilakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebar angket untuk memperoleh data X dan Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan sebagai berikut: (1) kualitas layanan akademin sebesar 99,2 dikategorikan cukup baik. (2) kepuasan peserta didik sebesar 95,56 dikategorikan cukup baik. (3) Dapat diketahui bahwa hasil uji F sebesar 193,987 lebih besar dari Ftabel (4,06) pada taraf signifikansi 5% dan Ftabel (7,24) pada taraf signifikansi 1%. Dengan tingkat korelasi sebesar 0,902847 dalam kategori sangat kuat karena berada direntang 0,80 – 1,000. Jika diformulasikan dalam hitungan persen (%) sebesar 81,5%. Jadi kontribusi kualitas layanan akademik terhadap tingkat kepuasan peserta didik MA Banat Tajul Ulum Brabo sebesar 81,5% dan sisanya 18,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini.