Pengaruh layanan sistem informasi akademik berbasis SMS gateway terhadap kepuasan wali murid di SD Islam Hidayatullah Semarang
Main Author: | Mubarok, Mohammad Sasongko Irham |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8293/1/133311061.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8293/ |
Daftar Isi:
- Sistem informasi saat ini telah menjelma menjadi sebuah alat pendukung pekerjaan utama dan telah mengubah cara pandang, perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hal yang diprioritaskan oleh sekolah, salah satu kegiatannya dalam bidang pelayanan adalah Wali Murid agar dapat bertahan dan bersaing. SD Islam Hidayatullah Semarang. Studi ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pelayanan SIA berbasis SMS gateway terhadap kepuasan Wali Murid di SD Islam Hidayatullah Semarang?. Jenis penelitian ini expose facto dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Dalam pengumpulan data, penyusun menggunakan metode Kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hipotesis penelitian adakah pengaruh layanan SIA berbasis SMS gateway terhadap kepuasaan Wali Murid. Hasil dari penelitian bahwa nilai dari variabel X sebesar 56,2 dalam kategori cukup baik. Sedangkan nilai variabel Y sebesar 52,175 dalam kategori cukup baik. Dalam persamaan regresinya mendapatkan nilai Y ̂=20,08+0,571X. Untuk signikansinya terdapat pada taraf signifikansi 5% diperoleh t_hitung (5,923) > t_tabel (2,024) maka dinyatakan signifikan. Perolehan nilai korelasi product moment diketahui bahwa rxy= 0,693 berarti signifikan artinya hipotesis diterima. Karena 0,400 ≤ R ≤ 0,699 dan konstribusi layanan sistem informasi berbasis SMS gateway dalam mempengaruhi Wali Murid sbesar 48,1%. Sedangkan varian regresinya pada taraf 5% F_(reg >) F_(tabel ) (35,152 > 4,09), begitu juga pada taraf 1% F_(reg >) F_(tabel ) (35,152 > 7,33), dapat dinyatakan bahwa pengaruh layanan sistem informasi akademik berbasis SMS Gateway signifikan terhadap kepuasan Wali Murid. Rekomendasi kualitas pelayanan dapat di implementasikan oleh seluruh sekolah yang menerapkan JIBAS. Selain itu mengembangkan aplikasi dengan pelatihan yang dilakukan.