Efektifitas pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV di MI Salafiyah Kauman Wiradesa Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017

Main Author: Harisa, Nabila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8279/1/133911093.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8279/
ctrlnum 8279
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8279/</relation><title>Efektifitas pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV di MI Salafiyah Kauman Wiradesa Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017</title><creator>Harisa, Nabila</creator><subject>372.3 Sains untuk pendidikan dasar</subject><description>Proses pembelajaran IPA yang menggunakan pembelajaran metode konvensional menyebabkan peserta didik menjadi pasif, karena guru hanya menjelaskan materi kemudian peserta didik mendengarkannya, setelah itu guru memberi tugas dan peserta didik mengerjakan di rumah. Dengan metode tersebut membuat peserta didik kurang aktif di kelas, padahal pada pembelajaran IPA peserta didik harus bisa memahami materi dengan baik dan bisa mengaplikasikannya pada kehidupannya. Tidak hanya pasif saja, pembelajaran seperti ini juga menyebabkan peserta didik merasa cepat bosan, serta kurangnya minat belajar peserta didik. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam kelas IV di MI Salafiyah Kauman Wiradesa.&#xD; Penulisan ini merupakan penulisan jenis kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di MI Salafiyah Kauman Wiradesa. Subjek Penulisan ini adalah peserta didik kelas IVA dengan jumlah 30 peserta didik dan kelas IVB dengan jumlah 29 peserta didik. Kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penulisan menggunakan uji-t.&#xD; Berdasarkan hasil uji hipotesis data keaktifan belajar peserta didik, menunjukan bahwa thitung sebesar 6,00 dan ttabel sebesar 2,00 (thitung &gt; ttabel). Dengan kata lain, keaktifan belajar peserta didik menggunakan pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick lebih baik dari pada keaktifan belajar peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Sementara itu, hasil uji hipotesis untuk minat belajar peserta didik menunjukkan bahwa thitung sebesar 3,90 dan ttabel sebesar 2,00 (thitung &gt; ttabel). Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa minat belajar peserta didik menggunakan pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick lebih baik dari pada minat belajar peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terbukti efektif terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam.</description><date>2017-06-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8279/1/133911093.pdf</identifier><identifier> Harisa, Nabila (2017) Efektifitas pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV di MI Salafiyah Kauman Wiradesa Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>8279</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Harisa, Nabila
title Efektifitas pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV di MI Salafiyah Kauman Wiradesa Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017
publishDate 2017
topic 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8279/1/133911093.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8279/
contents Proses pembelajaran IPA yang menggunakan pembelajaran metode konvensional menyebabkan peserta didik menjadi pasif, karena guru hanya menjelaskan materi kemudian peserta didik mendengarkannya, setelah itu guru memberi tugas dan peserta didik mengerjakan di rumah. Dengan metode tersebut membuat peserta didik kurang aktif di kelas, padahal pada pembelajaran IPA peserta didik harus bisa memahami materi dengan baik dan bisa mengaplikasikannya pada kehidupannya. Tidak hanya pasif saja, pembelajaran seperti ini juga menyebabkan peserta didik merasa cepat bosan, serta kurangnya minat belajar peserta didik. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam kelas IV di MI Salafiyah Kauman Wiradesa. Penulisan ini merupakan penulisan jenis kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di MI Salafiyah Kauman Wiradesa. Subjek Penulisan ini adalah peserta didik kelas IVA dengan jumlah 30 peserta didik dan kelas IVB dengan jumlah 29 peserta didik. Kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penulisan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis data keaktifan belajar peserta didik, menunjukan bahwa thitung sebesar 6,00 dan ttabel sebesar 2,00 (thitung > ttabel). Dengan kata lain, keaktifan belajar peserta didik menggunakan pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick lebih baik dari pada keaktifan belajar peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Sementara itu, hasil uji hipotesis untuk minat belajar peserta didik menunjukkan bahwa thitung sebesar 3,90 dan ttabel sebesar 2,00 (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa minat belajar peserta didik menggunakan pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick lebih baik dari pada minat belajar peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terbukti efektif terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam.
id IOS2754.8279
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-05-05T03:23:21Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:54Z
recordtype dc
_version_ 1765821517039403008
score 17.538404