Implementasi budaya madrasah sabtu membaca senyap dalam membentuk karakter gemar membaca peserta didik kelas tinggi di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2016/2017
Main Author: | Jannah, Roudhotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8278/1/133911089.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8278/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatarbelakangi karena rendahnya budaya baca peserta didik, sehingga dapat menjadikan salah satu penyebab kurangnya pengetahuan dalam memahami pelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah: bagaimana pelaksanaan budaya madrasah SMS (Sabtu Membaca Senyap) dan bagaimana hasil pelaksanaan budaya madrasah SMS (Sabtu Membaca Senyap) dalam membentuk karakter gemar membaca peserta didik kelas tinggi di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, maka dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang dipakai dengan menggunakan sistem triangulasi untuk menguji keabsahan data yang diperoleh. Data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, angket dan dokumentasi direduksi untuk mendapatkan kesimpulan yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi budaya madrasah SMS (Sabtu Membaca Senyap) dalam membentuk karakter gemar membaca dilaksanakan melalui tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan angket, hasil pelaksanaan budaya madrasah (Sabtu Membaca Senyap) dalam membentuk karakter gemar membaca dapat dinyatakan dalam kategori cukup baik. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan pelaksanaan budaya madrasah SMS (Sabtu Membaca Senyap) dapat meningkatkan minat baca dan dapat membentuk karakter gemar membaca peserta didik. Berdasarkan temuan-temuan penelitian disarankan kepada lembaga madrasah untuk meningkatkan fasilitas perpustakaan dan sarana prasarana yang mendukung agar peserta didik merasa nyaman termotivasi.