Pengaruh penggunaan metode outdoor study dengan berbantu media lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA materi berbagai bentuk energi dan cara penggunaanya kelas IV di SD Islam Al Madina Semarang tahun pelajaran 2016/2017
Main Author: | Adiyawati, Liya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8276/1/133911065.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8276/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Metode Outdoor Study dengan Berbantu Medias Lingkungan Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA Materi Berbagai Bentuk Energi dan Cara Penggunaanya Kelas IV di SD Islam Al Madina Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode pembalajaran yang diterapkan di kelas kurang bervariasi, sehingga siswa merasa jenuh, hasil belajar kurang optimal, dan belum sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah metode Outdoor Study efektif terhadap hasil belajar IPA materi Berbagai Bentuk Energi dan Cara Penggunaanya kelas IV di SD Islam Al Madina Semarang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SD Islam Al Madina Semarang. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah dengan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas Eksperimen. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung= 4,525 sedangkan t tabel= 1,66. Dan rata-rata nilai post test kelas eksperimen (Outdoor Study) = 77,00 dan kelas kontrol = 64,90. Dalam uji t akhir menunjukan bahwa pada penelitian ini maka, penerapan metode Outdoor Study efektif terhadap hasil belajar materi Berbagai Bentuk Energi dan Cara Penggunannya kelas IV SD Islam A l Madina Semarang.