Efektivitas penggunaan peta konsep dan picture and picture terhadap prestasi belajar materi bumi dan alam semesta siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2017/2018

Main Author: Anggraini, Dyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8271/1/133911025.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8271/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi oleh metode pembalajaran yang diterapkan di kelas kurang bervariasi atau pembelajarannya konvensional (ceramah), sehingga prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas Penggunaan metode Peta Konsep dan Picture and Picture terhadap prestasi belajar materi bumi dan alam semesta siswa kelas 4 pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa dokumentasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas 4 di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas 4A sebagai kelas kontrol dan kelas 4B sebgai kelas eksperimen. Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen metode Peta Konsep dan Picture and Picture adalah 77,50 sedangkan nilai rata-rata posttes kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional adalah 71,88 Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh 1,880 dan 1,679. Uji t akhir menunjukan bahwa pada penelitian ini , maka penerapan metode Peta Konsep dan Picture and Picture efektif dalam meningkatkan prestasi belajar materi bumi dan alam semesta siswa kelas IV di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2017/2018.