Hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017

Main Author: Al Azzizi, Adam Rizqi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8270/1/133911019.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8270/
ctrlnum 8270
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8270/</relation><title>Hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017</title><creator>Al Azzizi, Adam Rizqi</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Skripsi ini membahas hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak danperilaku siswa yang masih kurang menerima dengan apa yang telah Allah berikan. Selain itu masih terdapat juga sikap siswa yang merasa iri dengan temannya jika temannya memiliki barang yang lebih bagus dari yang dimiliki siswa tersebut.&#xD; Melihat latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah adalah adakah hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal Tahun Ajaran 2016/2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa nilai raport akidah akhlak kelas V semester gasal tahun ajaran 2016/2017 (variabel X) dan data tentang sikap qonaah siswa (variabel Y) yang pengumpulan datanya menggunakan instrumen kuisioner atau angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal yang berjumlah 19 siswa. Karena populasi kurang dari 100 siswa, maka diambil keseluruhan 19 siswa tersebut. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regeresi sederhana untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini.&#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017 termasuk kategori &#x201C;sedang&#x201D; yaitu dengan nilai ratarata 83,68 (dibulatkan menjadi 84). Sedangkan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017 dalam kategori &#x201C;sedang&#x201D; yaitu dengan nilai rata-rata 77,63 (dibulatkan&#xD; menjadi 78). Hasil hipotesis menggunakan analisis regresi menunjukkan, bahwa ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukan dengan perhitungan Ftabel pada taraf signifikan 5% = 4,45 dengan ketentuan Freg &gt; Ftabel maka signifikan. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh Freg = 5,74 &gt; Ftabel = 4,45 maka dinyatakan signifikan dan hipotesis diterima. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan untuk memperkaya khasanah ilmiyah serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.</description><date>2017-07-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8270/1/133911019.pdf</identifier><identifier> Al Azzizi, Adam Rizqi (2017) Hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>8270</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Al Azzizi, Adam Rizqi
title Hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017
publishDate 2017
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8270/1/133911019.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8270/
contents Skripsi ini membahas hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak danperilaku siswa yang masih kurang menerima dengan apa yang telah Allah berikan. Selain itu masih terdapat juga sikap siswa yang merasa iri dengan temannya jika temannya memiliki barang yang lebih bagus dari yang dimiliki siswa tersebut. Melihat latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah adalah adakah hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal Tahun Ajaran 2016/2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa nilai raport akidah akhlak kelas V semester gasal tahun ajaran 2016/2017 (variabel X) dan data tentang sikap qonaah siswa (variabel Y) yang pengumpulan datanya menggunakan instrumen kuisioner atau angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal yang berjumlah 19 siswa. Karena populasi kurang dari 100 siswa, maka diambil keseluruhan 19 siswa tersebut. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regeresi sederhana untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017 termasuk kategori “sedang” yaitu dengan nilai ratarata 83,68 (dibulatkan menjadi 84). Sedangkan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017 dalam kategori “sedang” yaitu dengan nilai rata-rata 77,63 (dibulatkan menjadi 78). Hasil hipotesis menggunakan analisis regresi menunjukkan, bahwa ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas V MI Negeri Bugangin Kendal tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukan dengan perhitungan Ftabel pada taraf signifikan 5% = 4,45 dengan ketentuan Freg > Ftabel maka signifikan. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh Freg = 5,74 > Ftabel = 4,45 maka dinyatakan signifikan dan hipotesis diterima. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan untuk memperkaya khasanah ilmiyah serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.
id IOS2754.8270
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-05-05T03:23:21Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:54Z
recordtype dc
_version_ 1765821517004800000
score 17.538404