Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kepercayaan diri dengan keaktifan belajar peserta didik kelas IV di MI Isalmiyah Podorejo Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Kajiannya dilatarbelakangi oleh Kepercayaan diri peserta didik dirasa masih kurang. Hal ini ditunjukkan dengan ketika dilakukannya diskusi, peserta didik banyak yang ragu untuk menyatakan pendapatnya. Mereka takut salah dengan apa yang disampaikan. Mereka takut akan terlihat bodoh di depan teman-teman dan gurunya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Adakah hubungan antara kepercayaan diri dengan keaktifan belajara peserta didik kelas IV di MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Kota Semarang Tahun pelajaran 2016/2017?” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data kepercayaan diri (Variabel X) dan keaktifan belajar (Variabel Y). Data terkumpul dianalisis dengan korelasi Product Moment. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian sebanyak 30 responden. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kepercayaan diri peserta didik kelas IV di MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017 memiliki nilai rata-rata 79,21. Sedangkan keaktifan belajar peserta didik kelas IV di MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017 memiliki nilai rata-rata sebesar 72,54. Dari hasil Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy sebesar 0,623 artinya positif dan rxy > rtabel dengan taraf signifikansi 5% = 0,361 yang artinya signifikan. Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan keaktifan belajar peserta didik kelas IV di MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.