Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas Pengaruh Baiknya Baca Tulis Al Qur’an (BTA) Terhadap Prestasi Bahasa Arab. Kajiannya dilatarbelakangi oleh Prestasi pembelajaran siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana Kebaikan Baca Tulis Al Qur’an (BTA) Siswa kelas VI B SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang?; 2) Bagaimana Prestasi Bahasa Arab Siswa kelas VI B SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang ? 3) Apakah Kebaikan Baca Tulis Al Qur’an (BTA) mempengaruhi terhadap Prestasi Bahasa Arab Siswa kelas VI B SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang ? Peneliti telah melaksanakan penelitian dengan mengumpulkan data-data, yaitu dengan menggunakan metode tes untuk mengetahui kebaikan Baca Tulis Al Qur’an (BTA) dan menggunakan metode dokumentasi, yaitu nilai raport smester II tahun ajaran 2011-2012, untuk mengetahui Prestasi Bahasa Arab Siswa kelas VI B. Dan mengumpulkan data kondisi sekolah SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang. Adapun jenis penelitian ini adalah Kuantitatif studi lapangan. Yang dilaksanakan dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi sebagai sampel, yaitu seluruh siswa kelas IVB SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang yang berjumlah 21 siswa. Untuk menganalisis Penelitian ini menggunakan metode Product moment dan analisis regresi dan skor deviasi. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Kebaikan Baca Tulis Al Qur’an (BTA) di SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang memiliki rata – rata “Sedang” yaitu dengan nilai rata – rata 71.79. 2) Prestasi Belajar Bahasa Arab di SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang memiliki rata – rata “ Sedang” yaitu dengan nilai rata – rata 79.43. 3) Baiknya Baca Tulis Al Qur’an (BTA) mempengaruhi terhadap Prestasi Bahasa Arab, karena nilai yang dihasilkan freg 8.853. dan ftabel 5% = 4.32 ftabel 1% = 8.02. Karena freg > ftabel maka hipotesis yang diajukan peneliti ”diterima”