Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas perbandingan kinerja guru yang bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik. Kajian dilatarbelakangi oleh tugas seorang guru yang selalu dituntut untuk berupaya semaksimal mungkin menjalankan profesinya sebaik mungkin, .Dalam hal ini pengembangan profesionalisme guru merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi untuk meningkatkan pendidikan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan:Apakah ada perbedaan antara kinerja guru yang sudah bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik di MTs Yarobi Grobogan? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Yarobi Grobogan yang dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data. Datanya diperoleh dengan cara angket, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan analisis data. Hasil penelitan menunjukkan bahwa dari data hipotesis terdapat adanya: kinerja guru bersertifikat pendidik sedikit lebih tinggi dibandingkan guru yang belum bersertifikat pendidik, ini meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan evaluasi dengan jumlah tertinggi 210 dan nilai 67,7. kinerja guru yang belum bersertifikat pendidik, sedikit lebih rendah. Namun dalam memberikan tindak lanjut rerata skor antara guru yang bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik hampir samakinerja guru yang bersertifikat pendidik sedikit lebih baik bila dibandingkan dengan kinerja guru yang belum bersertifikat pendidik.Serta belum ditemukan generalisasi yang konsisten dan meyakinkan tentang perbedaan kinerja guru yang sudah bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik. Pada umumnya hasil atau nilai prestasi kerja merupakan hasil kinerja para guru dalam menjalankan tugas sehingga dapat dicapai dengan hasil yang cukup baik dan efisien. Dan setelah adanya sertifikasi guru diharapkan kinerja guru yang bersertifikat pendidik dapat terus meningkat sehingga prestasi siswa juga ikut meningkat pula. Serta bagi guru yang belum bersertifikat pendidik untuk terus berusaha meningkatkan kinerjanya.