Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi trigonometri kelas XI MAN Bawu Jepara tahun ajaran 2016/2017

Main Author: Aulia, Fina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7873/1/123511033.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7873/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah karena rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI pada materi trigonometri, Hal ini dilihat dari kebiasaan mengerjakan PR di sekolah yang kurang baik, tidak adanya antusias mengikuti pelajaran dan sering mengobrol sendiri dengan teman saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Faktor apa saja yang berpengaruh terhadap rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI MAN Bawu Jepara pada mata pelajaran matematika bab trigonometri? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI MAN Bawu Jepara pada pembelajaran matematika bab trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) yang seluruhnya berjumlah 98 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang diisi oleh seluruh siswa kelas XI MIA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Setelah data hasil angket dianalisis menggunakan tehnik analisis deskriptif, kemudian diambil 10% dari seluruh sampel dengan skor terendah untuk dilakukan wawancara agar diperoleh informasi yang lebih dalam lagi. Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa mulai dari yang paling berpengaruh sampai yang sedikit berpengaruh yakni faktor tempat belajar, fungsi fisik, kecerdasan, sarana dan pra sarana, waktu, kebiasaan belajar, guru, orang tua, emosional serta kesehatan, dan yang terakhir adalah faktor teman. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai referensi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu dapat dijadikan acuan oleh uru untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang sangat berpengaruh terhadap rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada materi trigonometri.