Pengembangan modul fisika materi keseimbangan dan dinamika rotasi, elastisitas, dan fluida statik kelas XI SMA/MA berbasis kearifan lokal
Main Author: | Nurmiyati, Nurmiyati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7872/1/133611065.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7872/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran merupakan sebuah alat yang dapat membantu proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Media pembelajaran dapat berupa modul yang dapat membantu pemahaman siswa secara mandiri. Modul dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar siswa memiliki pengetahuan mengenai fenomena-fenomena fisika yang ada dalam kehidupan sehari-hari yaitu kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Fisika Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi, Elastisitas, dan Fluida Statik Kelas XI SMA/MA Berbasis Kearifan Lokal. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang disederhakan menjadi lima tahap yaitu studi pendahuluan, perancangan produk, pengembangan produk, penilaian produk, dan revisi produk akhir. Instrumen berupa angket digunakan untuk menilai kualitas modul menggunakan skala Likert dengan empat kategori yaitu sangat baik, baik, kurang, dan sangat kurang, yang diberikan kepda ahli media, ahli materi dan guru fisika. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu kualitas modul berdasarkan penilaian ahli materi 63,8%% dengan kategori baik, ahli media 73,75% dengan kategori baik, dan rerata dari dua guru fisika 81,25% dengan kategori sangat baik. Presentase rata-rata dari ketiga ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan guru fisika adalah 72,9% sehingga modul dikategorikan baik dan layak digunakan.