Pengembangan modul pembelajaran fisika kelas IX SMP/MTs berbasis integrasi sains Islam pada materi sistem tata surya, matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet, serta gerak edar bumi, bulan dan satelit
Main Author: | Asyauki, Eka Riza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7870/1/133611020.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7870/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya buku ajar fisika berbasis integrasi sains dan Islam kelas IX SMP/MTs pada materi tata surya, matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet, serta gerak edar bumi, bulan dan satelit yang berada di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar fisika berbasis integrasi sains dan Islam kelas IX SMP/MTs dan mengetahui kualitas bahan ajar fisika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model prosedural yang mengadopsi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi lima tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap perancangan produk, tahap pengembangan produk, tahap penilaian produk, dan tahap penyempurnaan produk akhir. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kualitas bahan ajar fisika yaitu menggunakan skala Likert dengan lima kategori disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli media, ahli integrasi sains dan Islam serta guru fisika, kemudian mengubah hasil penilaian ahli dari bentuk data kualitatif ke data kuantitatif (huruf ke skor dan persentase). Hasil penilaian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika ini layak digunakan dengan kategori baik (B). Hal ini didasarkan pada persentase rata-rata bahan ajar untuk ahli materi 86 %, untuk ahli media 82 %, untuk ahli inegrasi sains dan Islam 80% dan guru fisika 87,25%.