Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi oleh tingkat problematika menghafal al-Qur’an yang mempengaruhi keberhasilan menghafal al-Qur’an. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Tingkat problematika santri dalam menghafal al-Qur’an di pondok pesantren al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang. 2) Keberhasilan santri dalam menghafal al-Qur’an di pondok pesantren al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang. 3) Pengaruh tingkat problematika terhadap keberhasilan santri dalam menghafal al-Qur’an di pondok pesantren al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis regresi satu prediktor. Yang mana variabel bebasnya adalah Tingkat problematika menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang, sedangkan variabel terikatnya adalah Keberhasilan menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan menggunakan metode: 1) Wawancara, yaitu untuk memperoleh profil pondok pesantren al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang yang mencakup sejarah berdirinya, visi dan misi, metode pembelajaran dan sebagainya; 2) Dokumentasi, yaitu untuk memperoleh data umum pondok pesantren dan daftar nama-nama santri pondok pesantren al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang; 3) Angket atau Kuesioner, yaitu untuk mengumpulkan data tentang tingkat problematika menghafal al-Qur’an pondok pesantren Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang; 4) Tes Lisan, yaitu untuk memperoleh data tentang keberhasilan menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang. Setelah diuji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat problematika menghafal al-Qur’an santri di pondok pesantren al-Hikmah dalam kategori ”tinggi” dengan nilai rata-rata yang diperoleh 67 yang berada pada interval 67-73; 2) Keberhasilan menghafal al-Qur’an santri di pondok pesantren al-Hikmah dalam kategori ”rendah” dengan nilai rata-rata yang diperoleh 72 yang berada pada interval 70-74; 3) Terdapat pengaruh negatif antara tingkat problematika dengan keberhasilan menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang, ditunjukkan oleh koefisien rxy = 0,386, dan melalui uji t diperoleh thitung = 2,900 > ttabel (0,05) = 2,000 dan thitung =2,900 > ttabel (0,01) = 2,660, sedangkan nilai regresi (Freg) sebesar 8,391dan F tabel untuk F0,05 = 4,03 dan F0.01 = 7,17. Hal ini berarti tingkat problematika berpengaruh terhadap keberhasilan menghafal al-Qur’an santri di pondok pesantren al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang.