Pengembangan multimedia pembelajaran (lectora inspire) berbasis multiple level representasi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan

Main Author: Rizqiyah, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7844/1/Skripsi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7844/
Daftar Isi:
  • Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi dengan rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada tiga level representasi kimia serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru. Padahal pemahaman tiga level representasi tersebut merupakan dasar untuk memahami kimia. Untuk itulah tiga level representasi kimia perlu diwujudkan dalam media pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini untuk menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis multiple level representasi (MLR) materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R n D), dengan model Thiagarajan dkk (1974) yaitu model 4-D yang diadaptasikan menjadi 4-P meliputi tahap pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Model 4-P dipilih karena lebih sistematis. Akan tetapi pada tahap penyebaran tidak dilakukan. Deskripsi protetipe produk multimedia pembelajaran yaitu slide beranda, slide petunjuk penggunaan tombol, slide Standar Kompetensi/Kompetesi Dasar (SK/KD), slide indikator, slide tujuan pembelajaran dan slide materi. Multimedia yang dikembangkan menggunakan softwere lectora inspire. Hasil uji kualitas multimedia pembelajaran yang diperoleh dari penilaian validator ahli materi dengan kategori Sangat Baik (SB) pada persentase 91,5% dan validator ahli media dengan kategori Baik (B) pada persentase 77,5%. Sedangkan hasil tanggapan peserta didik terhadap kualitas multimedia pembelajaran dengan kategori sangat baik (SB) pada persentase 85,1%. Dari hasil validasi dan tanggapan peserta didik terhadap multimedia pembelajaran ini, diperoleh kesimpulan bahwa multimedia pembelajaran layak digunakan dan diuji lebih lanjut pada kelas besar untuk mengetahui keefektifannya, baik terhadap hasil belajar maupun penguasan konsep.