Pengembangan modul pembelajaran fisika materi getaran dan gelombang, bunyi dan cahaya kelas VIII SMP/MTs Berbasis unity of sciences

Main Author: Navila, Qonita Alfi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7837/1/skripsi%20selesai.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7837/
Daftar Isi:
  • Modul merupakan bahan ajar mandiri peserta didik. Saat ini belum ada modul fisika yang mengintegrasikan fisika dan agama. Penelitian penyusunan modul dengan tujuan untuk mengetahui desain penyusunan dan kualitas modul pembelajaran fisika materi getaran dan gelombang, bunyi dan cahaya kelas VIII SMP/MTs berbasis unity of sciences. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada prosedur pengembangan ADDIE dan dibatasi sampai tahap pengembangan (Development). Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu analisis dengan langkah studi pendahuluan, desain produk dan pengembangan produk. Instrumen penelitian berupa skala penilaian menggunakan skala likert dengang lima kategori disusun dalam bentuk cheklist. Hasil penelitian berupa: modul pembelajaran fisika materi getaran dan gelombang, bunyi dan cahaya kelas VIII SMP/MTs yang dibatasi sampai tahap pengembangan dan menerapkan satu startegi Unity of Sciences yaitu spiritualisasi ilmu-ilmu modern. Modul ini memperoleh nilai 4 pada aspek substansi materi dengan kategori baik dan presentase kelayakan 80%. Pada aspek desain media memperoleh nilai 3,6 dengan kategori baik dan presentase kelayakan 72%. Aspek Unity of Sciences memperoleh nilai 4,3 dengan kategori sangat baik dan presentase kelayakan 87%. Kata Kunci: Modul Fisika, Unity of Sciences