Efektivitas model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media manipulatif terhadap kreativitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs N 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Main Author: Rachmawati, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7831/1/113611033.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7831/
ctrlnum 7831
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7831/</relation><title>Efektivitas model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media manipulatif terhadap kreativitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs N 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016</title><creator>Rachmawati, Indah</creator><subject>516 Geometry</subject><description>Kajian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa menyelesaikan soal dengan benar dan teliti, siswa menyelesaikan soal sesuai petunjuk guru, siswa kesulitan menyelesaikan soal dengan model yang berbeda dan menjabarkan jawaban dari pertanyaan yang saling berkaitan dan pengembangan, sehingga hasil belajar dibawah KKM. Selain itu siswa bosan dengan metode belajar yang digunakan, kurang paham dan tidak antusias karena tidak ada media. Hal ini menunjukkan siswa kurang kreatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Melalui model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif diharapkan dapat meningkatkan kreativitas pada materi bangun ruang sisi datar.&#xD; Jenis penelitian ini kuantitatif eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Semarang berjumlah 278 siswa dan sampelnya kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Variabel yang digunakan yaitu model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif sebagai variabel bebas dan kreativitas sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data meliputi: analisis instrumen, analisis tahap awal, dan analisis tahap akhir.&#xD; Uji hipotesis ketuntasan kelas eksperimen dengan uji rata-rata satu pihak kanan diperoleh = 6,526 dan = 1,69895. Karena maka rata-rata kelas ekperimen telah mencapai KKM. Selanjutnya uji perbandingan rata-rata, dari uji t-test 10,051 dan 1,6669. Karena , maka rata-rata kreativitas siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif lebih baik dari kelas yang menggunakan model ekspositori. Kemudian uji Gain diperoleh N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,708 dan N-Gain kelas kontrol yaitu 0,343. Artinya peningkatan kreativitas kelas yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media&#xD; manipulatif lebih baik dari kelas yang menggunakan model ekspositori.&#xD; Dari uraian diatas disimpulakan bahwa model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif efektif terhadap kreativitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016.</description><date>2017-07-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7831/1/113611033.pdf</identifier><identifier> Rachmawati, Indah (2017) Efektivitas model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media manipulatif terhadap kreativitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs N 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>7831</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rachmawati, Indah
title Efektivitas model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media manipulatif terhadap kreativitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs N 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016
publishDate 2017
topic 516 Geometry
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7831/1/113611033.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7831/
contents Kajian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa menyelesaikan soal dengan benar dan teliti, siswa menyelesaikan soal sesuai petunjuk guru, siswa kesulitan menyelesaikan soal dengan model yang berbeda dan menjabarkan jawaban dari pertanyaan yang saling berkaitan dan pengembangan, sehingga hasil belajar dibawah KKM. Selain itu siswa bosan dengan metode belajar yang digunakan, kurang paham dan tidak antusias karena tidak ada media. Hal ini menunjukkan siswa kurang kreatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Melalui model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif diharapkan dapat meningkatkan kreativitas pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini kuantitatif eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Semarang berjumlah 278 siswa dan sampelnya kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Variabel yang digunakan yaitu model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif sebagai variabel bebas dan kreativitas sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data meliputi: analisis instrumen, analisis tahap awal, dan analisis tahap akhir. Uji hipotesis ketuntasan kelas eksperimen dengan uji rata-rata satu pihak kanan diperoleh = 6,526 dan = 1,69895. Karena maka rata-rata kelas ekperimen telah mencapai KKM. Selanjutnya uji perbandingan rata-rata, dari uji t-test 10,051 dan 1,6669. Karena , maka rata-rata kreativitas siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif lebih baik dari kelas yang menggunakan model ekspositori. Kemudian uji Gain diperoleh N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,708 dan N-Gain kelas kontrol yaitu 0,343. Artinya peningkatan kreativitas kelas yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif lebih baik dari kelas yang menggunakan model ekspositori. Dari uraian diatas disimpulakan bahwa model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif efektif terhadap kreativitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016.
id IOS2754.7831
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2018-05-31T23:06:08Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:48Z
recordtype dc
_version_ 1765821514686398464
score 17.538404