Efektivitas pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) dengan media rogsiling berbantu LKPD terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP N 1 Kayen tahun pelajaran 2016/2017

Main Author: Wulan Sari, Riska Yani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7829/1/133511086.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7829/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang efektivitas pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dengan media Rogsiling berbantu LKPD terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP N 1 Kayen Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya permasalahan peserta didik pada materi garis singgung lingkaran di SMP N 1 Kayen. Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan penalaran peserta didik pada materi garis singgung lingkaran dikatakan masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dengan media rogsiling berbantu LKPD sebagai solusi dari permasalahan terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP N 1 Kayen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk true experimental design, sedangkan rancangan penelitian menggunakan Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian adalah kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model TAI dengan media rogsiling berbantu LKPD dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional model ekspositori. Data yang dikumpulkan berupa wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang berupa tes terdiri dari dua tahap. Tes pertama dilakukan tehadap kelompok populasi dan tes kedua dilakukan terhadap sampel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen sebesar 72,73 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 59,17. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t satu pihak diperoleh