Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika kelas XI SMA Negeri 1 Wirosari Grobogan

Main Author: Pratiwi, Risca Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7828/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7828/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika di kelas XI MIPA 1, kelas XI MIPA 5, dan kelas XI MIPA 6. Peserta didik kurang mampu menunjukkan pola-pola geometri dalam menyelesaikan masalah, tidak menggunakan erkpresi matematis dan tidak percaya diri dalam mengungkapkan argumennya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini menggunakan 9 subyek wawancara yang merupakan perwakilan dari 3 kelompok. Yaitu 3 subyek kelompok atas, 3 subyek kelompok tengah, dan 3 subyek kelompok bawah. Subyek wawancara dipilih secara acak. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kemampuan peserta didik pada kelompok atas dalam menyelesaikan masalah dengan representasi visual berada pada kategori cukup dengan skor 63,7838. Adapun pada kelompok tengah rata-rata kemampuan peserta didik yakni cukup, dengan skor 62,5. Pada kelompok bawah, rata-rata kemampuan peserta didik yaitu kurang dengan skor 45,9091. Hasil penelitian representasi ekspresi pada kelompok atas, peserta didik memiliki rata-rata kemampuan cukup dengan skor 58,1081081. Adapun pada kelompok tengah, rata-rata peserta didik memperoleh skor 46,5 dengan kategori kurang. Pada kelompok bawah, rata-rata peserta didik memperoleh skor 33,8636364 dengan kategori kurang. Rata-rata hasil tes kemampuan representasi teks tertulis peserta didik kelompok atas yaitu 51,73745174 dengan kemampuan kurang. Adapun pada kelompok tengah, rata-rata peserta didik memperoleh vii skor 31,61904762 dengan kategori kurang sekali. Sedangkan pada kelompok bawah, rata-rata peserta didik memperoleh skor 20,71428571 dengan kategori kurang sekali. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa representasi visual peserta didik lebih dominan dibanding jenis representasi yang lain. Banyaknya peserta didik yang masih kesulitan menuliskan langkahlangkah. Beberapa peserta didik merasa ragu-ragu terhadap argumennya dalam menjawab representasi teks tertulis.