Efektivitas model pembelajaran connecting organizing reflecting extending (CORE) berbantu Macromedia Flash terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik MTs Khozinatul Ulum Todanan
Main Author: | Diah Andriani, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7825/1/burning%20full.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7825/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran yang ada di MTs. Khozinatul Ulum Todanan masih menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis kemampuan penalaran matematis pada ulangan materi dalil phytagoras, diketahui bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik MTs. Khozinatul Ulum kelas VIII masih rendah. Untuk itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) berbantu macromedia flash efektif terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VIII MTs. Khozinatul Ulum Todanan pada materi lingkaran? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain eksperimen Posttest-Only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs. Khozinatul Ulum yang terdiri dari 2 kelas. Sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik sampling jenuh, dengan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh = 5,07114 dan = 1,67943 pada taraf signifikasi 5% dan dk = 45. Karena maka terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada kedua kelas tersebut. Jadi, dapat dikatakan bahwa model CORE efektif terhadap kemampuan penalaran matematis materi lingkaran kelas VIII MTs. Khozinatul Ulum Todanan tahun pelajaran 2016/2017.