Pengembangan buku ajar Fisika kelas XI MA bercirikan unity of sciences pada materi kinematika gerak, hukum gravitasi Newton, dan elastisitas dan hukum Hooke

Main Author: Hidayah, Husnul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7814/1/Husnul%20Hidayah___123611017.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7814/
Daftar Isi:
  • Pengembangan buku ajar Fisika bercirikan Unity of Sciences pada materi Kinematika Gerak, Hukum Gravitasi Newton, dan Elastisitas dan Hukum Hooke ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya para pendidik yang hanya menyediakan bahan ajar yang monoton, sudah tersedia, tinggal pakai dan tidak perlu susah payah membuat. Mutu pembelajaranpun menjadi rendah karena para pendidik hanya terpaku pada bahan-bahan ajar yang konvensional tanpa ada kreativitas untuk mengembangkan bahan ajar secara inovatif. Selain itu juga belum adanya buku ajar Fisika bercirikan Unity of Sciences untuk kelas XI MA materi kinematika gerak, hukum gravitasi newton, dan elastisitas dan hukum hooke di toko buku dan sekolahan. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimanakah penulisan buku ajar Fisika bercirikan Unity of Sciences yang akan dikembangkan untuk siswa MA dan mengetahui kualitas buku ajar Fisika bercirikan Unity of Sciences yang sedang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang batasi sampai tahap validasi ahli. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kualitas bahan ajar fisika yaitu menggunakan skala Likert dengan empat kategori disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli media dan guru Fisika, kemudian mengubah hasil penilaian ahli dari bentuk data kualitatif ke data kuantitatif (huruf ke skor dan persentase). Hasil penilaian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika ini layak digunakan dengan kategori Sangat baik (SB). Hal ini didasarkan pada jumlah rerata skor dan rerata persentase kelayakan bahan ajar untuk ahli materi skor 3,3 persentase kelayakan 81,62%, untuk ahli media skor 3,5 persentase kelayakan 86,25%, dan guru fisika skor 3,25 persentase kelayakan 82,35%