Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi banyak faktor yang menjadi penyebab dari rendahnya motivasi yang ada pada siswa, salah satunya adalah kompetensi profesional yang dimiliki oleh seorang guru. Kebanyakan siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet kurang berminat untuk belajar, tidak terkecuali juga pada mata pelajaran Fiqih. Mereka beranggapan bahwa mata pelajaran Fiqih tidak penting karena tidak diujikan dalam Ujian Nasional. Rendahnya motivasi yang ada ternyata dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kompetensi profesional pendidik dalam proses belajar mengajar. Untuk kepentingan tersebut guru dituntut membangkitkan motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Semakin kuat motivasi belajar, maka semakin baik pula prestasi belajar yang akan dicapai siswa. Mengingat begitu pentingnya motivasi dalam belajar maka seseorang pendidik atau guru, apalagi guru fiqih, harus sebisa mungkin menguasai dan mengembangkan materi ketika menyampaikan materi pelajaran dan tidak mudah marah walaupun banyak siswa yang kurang bisa menangkap penjelasan dari seorang guru. Dari hal itu siswa akan mempersepsi guru sebagai seorang guru yang profesional dan sabar dalam menghadapi siswanya Apakah terdapat korelasi Positif antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional pendidik dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet Kab. Demak Tahun Ajaran 2012/2013? Jenis penelitian ini riset lapangan (field Risearch) dengan menggunakan correlation risearch, yang bertujuan untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat Korelasi antara Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Pendidik dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Nurul Huda Dempet Kab. Demak Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan bahwa rxy = > rt (0,05) = 0,349 dan rxy = > rt (0,01) = 0,449. Dengan rxy > rt ( 0,05 dan 0,01) ada hubungan positif Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Pendidik dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII MTs Nurul Huda Dempet Kab. Demak Tahun Ajaran 2012/2013 adalah diterima atau terbukti kebenarannya.