Studi Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 4 Cepiring Kendal Tahun Ajaran 2012/2013
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas korelasi antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab; (1) Bagaimana tingkat pendidikan orang tua siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring. (2) Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring. (3) Adakah korelasi antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi (correlation research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket untuk memperoleh data tentang tingkat pendidikan orang tua siswa dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Subyek penelitian sebanyak 30 peserta didik dari 196 peserta didik kelas VIII di SMP N 4 Cepiring atau 15% dari keseluruhan populasi. Adapun dalam pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pendidikan orang tua siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring mempunyai nilai rata-rata yaitu 41,8 yang dikategori cukup, yaitu berada pada interval 41-43. (2) Pestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring mempunyai nilai rata-rata 82,7 yang dikategori cukup, yaitu berada pada interval 82-87. (3) Ada korelasi antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring, ditunjukkan oleh diperoleh hasil rxy = 0,467 yang kemudian angka tersebut dikonsultasikan dengan menggunakan tabel r product moment yang hasilnya adalah rxy = 0,467 > 5% (0, 467 > 0,361) dan rxy = 0, 467 > 1% (0, 467 > 0,643) yang berarti signifikan. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada korelasi positif antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 cepiring yang diajukan adalah diterima.