Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di Mathayum Tun (SMP) Sekolah Sanor Pittayakum Yarang Pattani Thailand

Main Author: Tuepingmah, Miss Suhainee
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7667/1/1503016171.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7667/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam yang diterapkan di sekolah Sanor Pittayakum Yarang Pattani Thailand, dengan pokok masalah (1) Bagaimana Perancanaan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di Mathayum Tun (SMP) Sekolah Sanor Pittayakum (2) Bagaimana Pelaksanaan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di Mathayum Tun (SMP) Sekolah Sanor Pittayakum (3) Bagaimana Evaluasi pengembangan kurikulum pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di Mthayum Tun (SMP) Sekolah Sanor Pittayakum. Jenis penelitian ini adalah deskripsi lapangan dan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus di Mathayum Tun (SMP) Sekolah Sanor Pittayakum. Pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Instrukmen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara,observasi, dan analisis dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi data, dan menggunakan teknik deskripsi analitik. Kemudian tiknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data , dan vertifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perancanaan pengembangan kurikulum di Mathayum Tun (SMP) Sekolah Sanor Pittakum. Perencanaan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dilaksanakan menjelang tahun ajaran baru. Perencanaan kurikulum melibatkan seluruh warga sekolah yang meliputi: kepala sekolah, wakil kepala bagian kurikulum, wakil kepala bidang sarana dan prasarana, dan coordinator komite sekolah. Perencanaan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah Sanor Pittayakum meliputi beberapa kegiatan diantaranya: penentuan tujuan, menentukan proses pembelajaran, menentukan organisasi pengalaman belajar, dan menentukan evaluasi pembelajaran. (2) pelaksanna pengembangan kurikulum di mathayum tun (SMP) sekolah Sanor Pittayakum. Pelaksanaan pengembangan kurikulum sangat tergantung pada kemampuan guru menyampaikan materi, kemampuan memilih dan menerapkan metode pembelajaran, serta memanfaatkan sarana yang ada untuk keberhasilan pembelajaran. Pelaksanaan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah Sanor Pittayakum sangat didukung oleh kemampuan guru yang mengajar. (3) Evaluasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di mathayum tun (SMP) sekolah sanor pittayakum Tahap akhir dalam pengembangan kurikulum adalah mengevaluasi. Mengevaluasi kurikulum yaitu mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri mulai dari tujuan program pendidikan secara keseluruhan, segmen khusus dari program pendidik, pembelajaran, dan program evaluasi. Diantara mengevaluasi pembelajaran yang dijalani oleh sekolah adalah: (a).Penilaian berbasis kelas, yaitu Penilaian prestasi belajar, Penilaian kinerja, Penilaian portofolio (b) Penilaian oleh sekolah,yaitu Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS) Penilaian oleh pemerintah, yaitu Ujian Nasional (UN).