Pengaruh penggunaan model CIRC berbantu media cetak terhadap kemampuan membaca intensif peserta didik kelas IV MI Darul Falah Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati tahun ajaran 2016/2017
Main Author: | Nihayah, Syifauz Zahrotin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7649/1/133911075.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7649/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di MI Darul Falah Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati tempat pembelajaran berlangsung. Peserta didik cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Pembelajaran di kelas sangat tergantung pada arahan guru. Hal tersebut terjadi karena peserta didik belum mampu diarahkan sebagai subyek pembelajaran. Oleh karena itu peneliti berupaya menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantu media cetak agar tercipta pembelajaran aktif dan menyenangkan. Selain itu peserta didik juga dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan saling bekerja sama dalam menyampaikan jawaban dari suatu permasalahan. Model dan media pembelajaran tersebut dianggap cocok untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif peserta didik kelas IV MI Darul Falah. Mempertimbangkan latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model CIRC berbantu media cetak berpengaruh terhadap kemampuan membaca intensif peserta didik kelas IV MI Darul Falah Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati tahun ajaran 2016/2017. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian jenis kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 35 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen 18 peserta didik dan kelas kontrol 17 peserta didik. Untuk teknik analisis data pretest dan post test peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan data nilai pretest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata awal kelas kontrol adalah 44,00 dan kelas eksperimen 38,78. Sedangkan berdasarkan data nilai post test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata akhir dari kelas kontrol adalah 62,00 dan kelas eksperimen 75,33. Sehingga analisis uji kesamaan rata-rata akhir atau post test dari kedua kelas tersebut diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dari thitung = 2,698. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan ttabel 1,692. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CIRC berbantu media cetak berpengaruh atau lebih baik dari pada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional atau metode ceramah pada peningkatan kemampuan membaca intensif kelas IV di MI Darul Falah. Selain itu peserta didik juga mampu mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan teman yang lain. Sedangkan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional atau metode ceramah peserta didik hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga proses pembelajaran memberi kesan yang membosankan bagi peserta didik.