Efektivitas penerapan metode cooperative script terhadap memahami teks bacaan kelas III MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/2017

Main Author: Wijayanti, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7638/1/133911020.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7638/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode Cooperative Script terhadap memahami teks bacaan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MI Futuhiyyah Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IIIB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas IIIA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa dokumentasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperolehdiperoleh nilai rata-rata kelas III B (kelas eksperimen) adalah 83,85 dengan standar deviasi (s) 9,41 sementara rata-rata nilai kelas IIIA (kelas kontrol) adalah 76,73 dengan standar deviasi (s) 8,71. Dari analisis data akhir diperoleh