Problematika pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di Sekolah Samaerdee Wittaya Provinsi Patani Selatan Thailand

Main Author: Chamaeng, Miss Bismee
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7620/1/133111143.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7620/
Daftar Isi:
  • Pembahasan skripsi ini adalah tentang problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Samartdee Wittaya provinsi Patani Selatan Thailand dan bagaimana langkah-langkah penanggulangannya. Jenis paradigma penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data: observasi, dukumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Pengcekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi, member chek, menggunakan bahan refrensi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Problematika yang ada dalam pembelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya terletak pada lingkungan sekolah saja akan tetapi peran serta keluarga yang kurang maksimal dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam juga merupakan kendala dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang ada di Sekolah Samartdee Wittaya; (2) Solusi yang dilakukan selain menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan berupaya untuk melengkapi sarana prasarana yang diperlukan dalam proses pembelajaran, pihak sekolah melakukan kerja sama dengan orang tua peserta didik untuk lebih perhatian dan menjadi teladan yang baik bagi peserta didik.