Pengaruh Price Pembiayaan Murabahah terhadap Minat Nasabah (Studi Kasus di BMT Artha Salsabil Ngaliyan Semarang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini menjelaskan masalah apakah ada pengaruh Price Pembiayaan Murabahah terhadap minat nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara parsial dan simultan bagaimana Price Pembiayaan Murabahah berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menggunakan pembiayaan murabahah di BMT Artha Salsabil Ngaliyan Semarang. Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin, Populasinya adalah nasabah pembiayaan murabahah di BMT Artha Salsabil Ngaliyan Semarang. Kuesioner didistribusikan kepada Nasabah Pembiayaan Murabahah sebanyak 79 responden. Kemudian metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara,kuesioner dan dokumentasi, teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi linear, dan uji normalitas. Hasil olahan statistik yang dibantu dengan dengan program SPSS 16.0 for widows menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (Price Pembiayaan Murabahah) terhadap variabel dependen (minat nasabah) mampu memberikan sumbangan sebesar 42,9%, sedang yang 57,1%, sisanya di jelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti) atau dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Variabel tersebut antara lain berada pada tingkat pendapatan, lokasi, status dan pengetahuan terhadap bank syari’ah maupun variabel lainnya. Hasil uji empiris pengaruh antara price pembiayaan Murabahah terhadap minat nasabah, menunjukkan nilai t hitung 7,612 dan p value (sig) sebesar 0,000 yang di bawah 5%, dengan menggunakan tingkat alpha 5%, maka posisi nilai probabilitasnya berada dibawah Alphanya. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Price Pembiyaan Murabahah terhadap minat nasabah. Dari hasil penelitian tersebut diaharapakan bermanfaat bagi semua pihak terutama dalam meningkatkan minat nasabah.