Pengaruh intensitas puasa Senin Kamis dan membaca al-Qur’an terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas XI SMAN 1 Jepara tahun pelajaran 2016/2017
Main Author: | Wicaksono, Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7615/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20133111114.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7615/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pengaruh intensitas puasa Senin Kamis dan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMAN 1 Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya hasil prestasi belajar yang diperoleh oleh siswa-siswi SMAN 1 Jepara dalam mata pelajaran di bidang apapun termasuk dalam bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, setelah ditelusuri ternyata faktor yang mempengaruhinya tidak hanya kondisi siswanya yang memang memiliki kecerdasan intelektual diatas rata-rata, melainkan ada faktor lain yang juga turut mempengaruhinya, yaitu kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh siswa-siswi tersebut. Kecerdasan spiritual tersebut diantaranya adalah berpuasa Senin Kamis dan membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh antara intensitas puasa Senin Kamis (X1) terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y), (2) Apakah terdapat pengaruh antara membaca Al-Qur’an (X2) terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y), (3) Apakah terdapat pengaruh antara intensitas puasa Senin Kamis (X1) dan membaca Al-Qur’an (X2) terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y) siswa kelas XI SMAN 1 Jepara tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Jepara tahun pelajaran 2016/2017 yang melakukan puasa Senin Kamis yakni sebesar 86 siswa dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan ganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan antara intensitas puasa Senin Kamis terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel (2,1550 > 1,9886) dengan taraf signifikansi 5% serta dk = 84, dan besarnya pengaruh intensitas puasa Senin Kamis terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 5,24%, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 = 0,0524. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel (2,3968 > 1,9886) dengan taraf signifikansi 5% serta dk = 84, dan besarnya pengaruh membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 6,4%, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2= 0,0640. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara intensitas puasa Senin Kamis dan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung > Ftabel (3,2277 > 3,11) dengan taraf signifikansi 5% dan dk pembilang 2 serta dk penyebut 83. Besarnya pengaruh intensitas puasa Senin Kamis dan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 7,22%, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi R2 = 0,0722.