Efektivitas penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII MTs Negeri Gajah Demak tahun ajaran 2016/2017

Main Author: Mardhiyah, Mardhiyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7594/1/133111036.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7594/
ctrlnum 7594
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7594/</relation><title>Efektivitas penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII MTs Negeri Gajah Demak tahun ajaran 2016/2017</title><creator>Mardhiyah, Mardhiyah</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa masalah diantaranya yaitu masih banyaknya pendidik yang kurang terampil dalam menggunakan media pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik yang kurang meningkat. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka peneliti mengambil beberapa rumusan masalah yaitu (1) Bagaimanakah tingkat motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran audio visual? (2) Bagaimanakah tingkat motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas kontrol tanpa menggunakan media pembelajaran audio visual? (3) Bagaimana efktivitas penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII MTs N Gajah Demak?. Untuk menjawab beberapa rumusan masalah tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen. &#xD; &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan eksperimen yakni merupakan penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kedua kelas antara kelas yang diberi perlakuan dan yang tidak diberi perlakuan. Peneliti menggunakan metode pendekatan eksperimen &#x201C;posttest only control design&#x201D; dengan menggunakan kelas VIII BCS2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. &#xD; &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas variabel motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas eksperimen yaitu kelas yang di ajar dengan menggunakan media audio visual berada dalam kategori &#x201C;cukup&#x201D; dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 66 yang terletak pada interval 62&#x2013; 69. (2) Sedangkan kualitas variabel motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada kelas kontrol, berada &#xD; &#xD; dalam kategori &#x201C;cukup&#x201D; dengan rata-rata 61 yang terletak pada interval 57 &#x2013; 65. (3) Hasil analisis uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa untuk hipotesis perbedaan rata-rata diperoleh nilai sig. = 0,645, karena nilai sig. = 0,645 &#x2265; 0,05, maka H0 diterima, artinya kedua varians rata-rata motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas eksperimen dan kontrol adalah identik. Karena identiknya varians rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka untuk membandingkan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan t-test. Diperoleh hasil thitung= 2,034 &gt; ttabel= 1,68 hal ini berarti H0 ditolak, artinya rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata motivasi belajar kelas kontrol. Dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas eksperimen dan rata-rata motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas kontrol. Artinya bahwa media pembelajaran audio visual lebih efktif untuk meningkatkan motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas VIII MTs Negeri Gajah Demak tahun ajaran 2016/2017.</description><date>2017-06-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7594/1/133111036.pdf</identifier><identifier> Mardhiyah, Mardhiyah (2017) Efektivitas penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII MTs Negeri Gajah Demak tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>7594</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mardhiyah, Mardhiyah
title Efektivitas penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII MTs Negeri Gajah Demak tahun ajaran 2016/2017
publishDate 2017
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7594/1/133111036.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7594/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa masalah diantaranya yaitu masih banyaknya pendidik yang kurang terampil dalam menggunakan media pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik yang kurang meningkat. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka peneliti mengambil beberapa rumusan masalah yaitu (1) Bagaimanakah tingkat motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran audio visual? (2) Bagaimanakah tingkat motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas kontrol tanpa menggunakan media pembelajaran audio visual? (3) Bagaimana efktivitas penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII MTs N Gajah Demak?. Untuk menjawab beberapa rumusan masalah tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan eksperimen yakni merupakan penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kedua kelas antara kelas yang diberi perlakuan dan yang tidak diberi perlakuan. Peneliti menggunakan metode pendekatan eksperimen “posttest only control design” dengan menggunakan kelas VIII BCS2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas variabel motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas eksperimen yaitu kelas yang di ajar dengan menggunakan media audio visual berada dalam kategori “cukup” dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 66 yang terletak pada interval 62– 69. (2) Sedangkan kualitas variabel motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada kelas kontrol, berada dalam kategori “cukup” dengan rata-rata 61 yang terletak pada interval 57 – 65. (3) Hasil analisis uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa untuk hipotesis perbedaan rata-rata diperoleh nilai sig. = 0,645, karena nilai sig. = 0,645 ≥ 0,05, maka H0 diterima, artinya kedua varians rata-rata motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas eksperimen dan kontrol adalah identik. Karena identiknya varians rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka untuk membandingkan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan t-test. Diperoleh hasil thitung= 2,034 > ttabel= 1,68 hal ini berarti H0 ditolak, artinya rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata motivasi belajar kelas kontrol. Dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas eksperimen dan rata-rata motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas kontrol. Artinya bahwa media pembelajaran audio visual lebih efktif untuk meningkatkan motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas VIII MTs Negeri Gajah Demak tahun ajaran 2016/2017.
id IOS2754.7594
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2018-04-19T23:00:00Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821513458515968
score 17.538404