Efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran PAI materi pokok wakaf peserta didik kelas X SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang tahun ajaran 2016/2017

Main Author: Rachmatika, Ima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7590/1/133111032.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7590/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran PAI materi pokok wakaf peserta didik kelas X di SMK Islamic Centre Baiturraman Semarang. Kajian tersebut dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang diterapan di kelas kurang bervariasi, sehingga peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan pendidik, merasa jenuh, dan hasil belajar kurang optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran PAI materi pokok wakaf peserta didik kelas X. Penelitian true experimental design yang menggunakan pretest-posttest control group design ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah pembelajaran di dalam kelas yang menggunakan model pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini memberikan alternatif model pembelajaran yang aktif, inovatif, dan menyenangkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah tempat penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang yang terdiri dari 4 kelas. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dan diperoleh kelas X PS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 Pebruari 2017 s/d 21 Maret 2017. Masing-masing sebanyak 2x tatap muka atau 2x90 menit. Penelitian dimulai dengan pretest di kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui persamaan rata-rata diantara keduanya, dilanjut KBM materi wakaf dan posttest untuk mengetahui perbedaan rata-rata dengan teknik analisis t-test. Analisis hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada pretest, pretest = 0,035, sedangkan = 2,00, sehingga dapat di ketahui bahwa berada pada penerimaan Ho. Sedangkan nilai posttest masing-masing kelas diperoleh posttest = 1,894 dan = 1,673, sehingga dapat diketahui bahwa posttest > maka dapat disimpulkan model pembelajaran inkuiri efektif untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik.