Studi analisis instrumen tes buatan Kelompok Kerja Guru (KKG) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas 6 Sekolah Dasar di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2016/2017
Main Author: | Rezki, 'Alam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7589/1/133111030.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7589/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas kualitas instrumen tes yang dibuat oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kajiannya dilatar belakangi oleh tidak dilaksanakannya uji kualitas soal secara kuantitatif. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kualitas instrumen tes objektif bentuk pilihan ganda buatan KKG PAI kelas 6 SDN di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 dilihat dari aspek validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh? (2) Bagaimana kualitas instrumen tes subjektif bentuk essay buatan KKG PAI kelas 6 SDN di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 dilihat dari aspek validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang mana datanya diambil dari 8 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Kebumen yaitu, SDN 1 Panjer, SDN 2 Kutosari, SDN 7 Kebumen, SDN 1 Depokrejo, SDN 2 Jatisari, SDN 5 Panjer, SDN 7 Kutosari dan SDN Argopeni. Kedelapan sekolah tersebut dijadikan sebagai tempat penelitian yang diambil datanya berupa butir-butir soal beserta respon butir soal siswa bentuk pilihan ganda dan essay ujian akhir semester genap kelas 6 buatan KKG PAI tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diambil dari tempat penelitian dijadikan sampel untuk mendapatkan potret kualitas instrumen tes di Kecamatan Kebumen. Datanya diperoleh dengan teknik dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan didekati dengan analisis validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh (untuk tes bentuk pilihan ganda). Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) instrumen tes bentuk pilihan ganda dari 35 butir soal memiliki validitas baik yaitu sebesar 82,85% butir soal dinyatakan valid dan 17,15% butir soal tidak valid, reliabilitas tes menunjukkan kurang reliabel dengan koefisien korelasinya 0,77, daya beda soal sebesar 68,57% butir soal dinyatakan jelek (perlu diperbaiki) dan 31,43% dinyatakan cukup, tingkat kesukaran yang dimiliki belum mendekati proporsi seimbang yaitu perbandingan sukar:sedang:mudah sebesar 2,86%:37,14%:60%, efektivitas pengecoh yang dimiliki dari 105 pengecoh sebanyak 73 pengecoh berfungsi efektif dan 32 pengecoh berfungsi tidak efektif. (2) instrumen tes bentuk essay dari 5 butir soal memiliki validitas baik yaitu 100% butir soal dinyatakan valid, reliabilitas tes dinyatakan reliabel dimana r11 = 0,562 > rtabel = 0,138, daya beda soal sebesar 60% butir soal dinyatakan jelek (perlu diperbaiki) dan 40% dinyatakan cukup, tingkat kesukaran yang dimiliki belum mendekati proporsi seimbang yaitu perbandingan sukar:sedang:mudah sebesar 0%:20%:80%. Temuan tersebut memberikan acuan dan informasi bagi para evaluator dalam memerbaiki perannya sebagai proses evaluasi.