Pendidikan karakter religius di lembaga kursus bahasa Arab studi kasus di Pondok Kursus Bahasa Arab al-Farisi di Pare, Kediri, Jawa Timur

Main Author: Munafi'ah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7588/1/133111026.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7588/
ctrlnum 7588
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7588/</relation><title>Pendidikan karakter religius di lembaga kursus bahasa Arab : studi kasus di Pondok Kursus Bahasa Arab al-Farisi di Pare, Kediri, Jawa Timur</title><creator>Munafi'ah, Siti</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Skripsi ini membahas tentang pendidikan karakter religius di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi di Desa Tulung Rejo, Kec. Pare, Kab. Kediri, Prov. Jawa Timur. Hal ini dilatar belakangi dengan adanya degradasi moral seperti, pelaksanaan aborsi dari kehamilan yang tidak diinginkan, penggunaan narkoba, seks pra-nikah, tindakan kriminal di tengah-tengah masyarakat. Maka dari itu perlu adanya integrasi nilai-nilai religius pada diri seseorang agar dapat membentengi diri berdasarkan agama yang dianutnya.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter religius di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi dalam pembelajaran Bahasa Arab di dalam kelas ataupun di asrama yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian llapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data di ambil dari sumber primer yang terdiri dari pengasuh, pengajar, dan peserta kursus dengan wawancara terstruktur. Sumber sekunder didapatkan melalui observasi partisipasif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan: 1).Dalam perencanaan, pendidikan karakter religius terlihat di dalam tujuan, visi, misi, dan peraturan-peraturan yang ada di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi dan bagi calon pengajar diwajibkan untuk mengikuti program kursus terlebih dahulu supaya dapat memahami situasi, kondisi, dan metode pembelajaran. 2). Penerapan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di kelas terlihat saat membuka dan menutup pembelajaran dengan salam, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, serta memberikan contoh berupa ayat Al-Qur&#x2019;an yang berhubungan dengan materi. Sedangkan penerapan pendidikan karakter religius di asrama terlihat dalam kegiatan ibadah sehari-hari seperti, shalat jamaah lima waktu, membaca yasiin dan tahlil, puasa sunah hari Senin dan Kamis, belajar tajwid, belajar tokoh Islam, shalat tahajud, shalat dhuha, dan shalat sunah qobliyah dan ba&#x2019;diyah. 3). Penerapan pendidikan karakter religius di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi pada saat evaluasi tidak langsung yang dilakukan melalui rapat mingguan terlihat terlihat ketika membuka dan menutup rapat dengan salam, do&#x2019;a, dan puji syukur kepada Allah, atau jika evaluasi langsung, terkadang hukuman berupa amalan bukan berupa materi.</description><date>2017-06-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7588/1/133111026.pdf</identifier><identifier> Munafi'ah, Siti (2017) Pendidikan karakter religius di lembaga kursus bahasa Arab : studi kasus di Pondok Kursus Bahasa Arab al-Farisi di Pare, Kediri, Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>7588</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Munafi'ah, Siti
title Pendidikan karakter religius di lembaga kursus bahasa Arab : studi kasus di Pondok Kursus Bahasa Arab al-Farisi di Pare, Kediri, Jawa Timur
title_sub studi kasus di Pondok Kursus Bahasa Arab al-Farisi di Pare, Kediri, Jawa Timur
publishDate 2017
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7588/1/133111026.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7588/
contents Skripsi ini membahas tentang pendidikan karakter religius di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi di Desa Tulung Rejo, Kec. Pare, Kab. Kediri, Prov. Jawa Timur. Hal ini dilatar belakangi dengan adanya degradasi moral seperti, pelaksanaan aborsi dari kehamilan yang tidak diinginkan, penggunaan narkoba, seks pra-nikah, tindakan kriminal di tengah-tengah masyarakat. Maka dari itu perlu adanya integrasi nilai-nilai religius pada diri seseorang agar dapat membentengi diri berdasarkan agama yang dianutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter religius di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi dalam pembelajaran Bahasa Arab di dalam kelas ataupun di asrama yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian llapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data di ambil dari sumber primer yang terdiri dari pengasuh, pengajar, dan peserta kursus dengan wawancara terstruktur. Sumber sekunder didapatkan melalui observasi partisipasif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1).Dalam perencanaan, pendidikan karakter religius terlihat di dalam tujuan, visi, misi, dan peraturan-peraturan yang ada di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi dan bagi calon pengajar diwajibkan untuk mengikuti program kursus terlebih dahulu supaya dapat memahami situasi, kondisi, dan metode pembelajaran. 2). Penerapan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di kelas terlihat saat membuka dan menutup pembelajaran dengan salam, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, serta memberikan contoh berupa ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan materi. Sedangkan penerapan pendidikan karakter religius di asrama terlihat dalam kegiatan ibadah sehari-hari seperti, shalat jamaah lima waktu, membaca yasiin dan tahlil, puasa sunah hari Senin dan Kamis, belajar tajwid, belajar tokoh Islam, shalat tahajud, shalat dhuha, dan shalat sunah qobliyah dan ba’diyah. 3). Penerapan pendidikan karakter religius di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi pada saat evaluasi tidak langsung yang dilakukan melalui rapat mingguan terlihat terlihat ketika membuka dan menutup rapat dengan salam, do’a, dan puji syukur kepada Allah, atau jika evaluasi langsung, terkadang hukuman berupa amalan bukan berupa materi.
id IOS2754.7588
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2018-04-19T23:00:00Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821513434398720
score 17.538404