Pengaruh pengetahuan tentang keberagamaan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang

Main Author: Khoerunnisa, Khoerunnisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7582/1/133111010.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7582/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pengetahuan tentang keberagamaan di SDN 02 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? (2) Bagaimana hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? (3) Adakah pengaruh pengetahuan tentang keberagamaan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? Jenis penelitian ini adalah penelitian Survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi untuk memperoleh data variabel X yaitu pengetahuan tentang keberagamaan dan variabel Y yaitu hasil belajar PAI siswa kelas V. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan keberagamaan siswa di SDN 02 Pesucen masuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 68,97. (2) Hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen masuk dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 58,58. (3) Ada pengaruh sebesar 29,4% sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh positif antara pengetahuan tentang keberagamaan dengan hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan persamaan regresi Ῠ = 34,332 + 0,355X. dan hasil garis regresi Freg = 15,434. Bila dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% = 4,11, maka Freg adalah lebih besar. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pengetahuan tentang keberagamaan berpengaruh terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V. Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan (Ha) diterima.