Kriteria pendidik profetik kajian Al-Qur’an surah Yāsīn ayat 21 dan al-A’rāf ayat 68

Main Author: Munawaroh, Luluk
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7581/1/133111006.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7581/
ctrlnum 7581
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7581/</relation><title>Kriteria pendidik profetik : kajian Al-Qur&#x2019;an surah Y&#x101;s&#x12B;n ayat 21 dan al-A&#x2019;r&#x101;f ayat 68</title><creator>Munawaroh, Luluk</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)</subject><description>Skripsi ini membahas kriteria pendidik profetik dalam menjalankan misi sebagai pendidik Islam, yaitu dengan meneladani langkah yang diambil oleh para rasul dalam menyampaikan risalah. Peneladanan ini diharapkan mampu memberikan penjelasan dan solusi nyata kepada para pendidik tentang bagaimana menjadi pendidik profetik dengan mengambil pelajaran dari para rasul di Negeri Antakia dan Nabi Hu&gt;d dalam mendidik kaumnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana isi kandungan dan kriteria pendidik profetik yang terdapat dalam Q.S. (Al-Qur&#x2019;an Surah) Y&#x101;s&#x12B;n ayat 21 dan al-A&#x2019;r&#x101;f ayat 68?&#xD; Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan model penelitian kepustakaan (library research). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tafsir tahl&#x12B;l&#x12B;. Karena penelitian ini menyangkut Al-Qur&#x2019;an secara langsung, maka sumber utamanya adalah kitab suci Al-Qur&#x2019;an, sedangkan sumber lainnya meliputi kitab-kitab tafsir, buku-buku dan sumber lain yang memiliki relevansi dengan tema penelitian ini.&#xD; Idealnya, pendidik yang bijaksana sudah pasti memiliki cita-cita untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi pendidikan bangsa. Pendidik semacam ini pasti berharap mampu melahirkan peserta didik yang berkualitas, baik secara keilmuan maupun akhlak, dengan harapan out put pendidikan dapat memberi kontribusi positif terhadap diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara. Harapan tersebut dapat terwujud jika pendidikan yang berlaku memiliki kualitas baik pula. Terutama kualitas pendidik, merekalah yang menjadi aktor utama dalam dunia pendidikan.&#xD; Tidaklah mudah untuk menjadi aktor utama dalam sebuah skenario, tidak terkecuali menjadi aktor utama dalam skenario pendidikan. Aktor utama (pendidik) harus memiliki beberapa kriteria&#xD; dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Kriteria profetik merupakan kriteria ideal yang dapat dijadikan acuan sebagai penentu kriteria. Mereka yang memenuhi kriteria itulah yang bisa disebut sebagai pendidik.&#xD; Sosok pendidik ideal dapat dijumpai dalam pribadi para rasul. Karena para rasul memiliki sifat-sifat mulia yang pantas dijadikan teladan. Salah satu ciri pribadi tersebut termaktub dalam Q.S. Y&#x101;s&#x12B;n ayat 21, yakni kisah para rasul di Negeri Antakia dan Q.S. al-A&#x2019;r&#x101;f ayat 68, yakni kisah Nabi Hu&gt;d. Adapun kriteria pendidik profetik yang terdapat dalam Q.S. Y&#x101;s&#x12B;n ayat 21 dan Q.S. al-A&#x2019;r&#x101;f ayat 68 yaitu: 1) Pendidik tidak meminta upah atau tidak memprioritaskan upah, 2) Pendidik adalah orang yang mendapat petunjuk, yakni memiliki ilmu, dan 3) Berkomitmen menjadi pendidik yang baik.&#xD; Kriteria tersebut dapat dijadikan landasan bagi pendidik masa kini dalam memperbaiki kualitas diri. Hal ini dapat dilakukan dengan introspeksi diri, yakni dimulai dengan meluruskan kembali niat menjadi seorang pendidik. Ketika sudah meluruskan niat, maka langkah selanjutnya adalah mencoba memperbaiki kualitas diri dengan mengacu pada kriteria pendidik profetik dalam Q.S. Y&#x101;s&#x12B;n ayat 21 dan Q.S. al-A&#x2019;r&#x101;f ayat 68.</description><date>2017-06-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7581/1/133111006.pdf</identifier><identifier> Munawaroh, Luluk (2017) Kriteria pendidik profetik : kajian Al-Qur&#x2019;an surah Y&#x101;s&#x12B;n ayat 21 dan al-A&#x2019;r&#x101;f ayat 68. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>7581</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Munawaroh, Luluk
title Kriteria pendidik profetik : kajian Al-Qur’an surah Yāsīn ayat 21 dan al-A’rāf ayat 68
title_sub kajian Al-Qur’an surah Yāsīn ayat 21 dan al-A’rāf ayat 68
publishDate 2017
topic 297.77 Islamic religious education
371.1 Guru
tenaga pendidikan
(dosen kelaskan di 378.1)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7581/1/133111006.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7581/
contents Skripsi ini membahas kriteria pendidik profetik dalam menjalankan misi sebagai pendidik Islam, yaitu dengan meneladani langkah yang diambil oleh para rasul dalam menyampaikan risalah. Peneladanan ini diharapkan mampu memberikan penjelasan dan solusi nyata kepada para pendidik tentang bagaimana menjadi pendidik profetik dengan mengambil pelajaran dari para rasul di Negeri Antakia dan Nabi Hu>d dalam mendidik kaumnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana isi kandungan dan kriteria pendidik profetik yang terdapat dalam Q.S. (Al-Qur’an Surah) Yāsīn ayat 21 dan al-A’rāf ayat 68? Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan model penelitian kepustakaan (library research). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tafsir tahlīlī. Karena penelitian ini menyangkut Al-Qur’an secara langsung, maka sumber utamanya adalah kitab suci Al-Qur’an, sedangkan sumber lainnya meliputi kitab-kitab tafsir, buku-buku dan sumber lain yang memiliki relevansi dengan tema penelitian ini. Idealnya, pendidik yang bijaksana sudah pasti memiliki cita-cita untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi pendidikan bangsa. Pendidik semacam ini pasti berharap mampu melahirkan peserta didik yang berkualitas, baik secara keilmuan maupun akhlak, dengan harapan out put pendidikan dapat memberi kontribusi positif terhadap diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara. Harapan tersebut dapat terwujud jika pendidikan yang berlaku memiliki kualitas baik pula. Terutama kualitas pendidik, merekalah yang menjadi aktor utama dalam dunia pendidikan. Tidaklah mudah untuk menjadi aktor utama dalam sebuah skenario, tidak terkecuali menjadi aktor utama dalam skenario pendidikan. Aktor utama (pendidik) harus memiliki beberapa kriteria dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Kriteria profetik merupakan kriteria ideal yang dapat dijadikan acuan sebagai penentu kriteria. Mereka yang memenuhi kriteria itulah yang bisa disebut sebagai pendidik. Sosok pendidik ideal dapat dijumpai dalam pribadi para rasul. Karena para rasul memiliki sifat-sifat mulia yang pantas dijadikan teladan. Salah satu ciri pribadi tersebut termaktub dalam Q.S. Yāsīn ayat 21, yakni kisah para rasul di Negeri Antakia dan Q.S. al-A’rāf ayat 68, yakni kisah Nabi Hu>d. Adapun kriteria pendidik profetik yang terdapat dalam Q.S. Yāsīn ayat 21 dan Q.S. al-A’rāf ayat 68 yaitu: 1) Pendidik tidak meminta upah atau tidak memprioritaskan upah, 2) Pendidik adalah orang yang mendapat petunjuk, yakni memiliki ilmu, dan 3) Berkomitmen menjadi pendidik yang baik. Kriteria tersebut dapat dijadikan landasan bagi pendidik masa kini dalam memperbaiki kualitas diri. Hal ini dapat dilakukan dengan introspeksi diri, yakni dimulai dengan meluruskan kembali niat menjadi seorang pendidik. Ketika sudah meluruskan niat, maka langkah selanjutnya adalah mencoba memperbaiki kualitas diri dengan mengacu pada kriteria pendidik profetik dalam Q.S. Yāsīn ayat 21 dan Q.S. al-A’rāf ayat 68.
id IOS2754.7581
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2018-04-19T23:00:00Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821513403990016
score 17.538404