Penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi dokumen dan benda berharga kelas II MI Gondoriyo, Bergas Kab. Semarang tahun 2016/2017
Main Author: | Rofi'ah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7579/1/123911284.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7579/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui metode Demonstrasipada siswa kelas II MI Gondoriyo, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa dan objeknya adalah pembelajaran IPS siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari bertambahnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada ketuntasan belajar siswa dari rata-rata nilai pada data awal siswa yaitu 50.3 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 37% dan pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 78.8 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 81.4% dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 86.2 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 92.5%. Selain dari meningkatnya hasil belajar, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas juga ikut mengalami peningkatan.