Efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara tahun pelajaran 2016/2017
Main Author: | Setya, Afrizal Hadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/1/123911025.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/ |
ctrlnum |
7577 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/</relation><title>Efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara tahun pelajaran 2016/2017</title><creator>Setya, Afrizal Hadi</creator><subject>372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara. 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen yaitu true experimental design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 anak dan II B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 anak. 

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran matematika baik di kelas maupun di luar kelas, metode wawancara untuk menghimpun data mengenai lemahnya kemampuan berhitung perkalian di MI Tamrinut Thullab Jepara serta metode apa yang digunakan dalam pembelajaran, metode dokumentasi untuk mendapatkan data berupa nama semua siswa yang terkait dalam penelitian dan metode tes untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksprerimen dan post-test setelah mendapatkan treatment. Kedua kelas di uji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas sebelum di beri perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen dengan metode jarimatika, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. 

Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test dua sampel independen pihak kanan. Hasil pengujian hipotesis di peroleh</description><date>2017-06-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/1/123911025.pdf</identifier><identifier> Setya, Afrizal Hadi (2017) Efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>7577</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Setya, Afrizal Hadi |
title |
Efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara tahun pelajaran 2016/2017 |
publishDate |
2017 |
topic |
372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/1/123911025.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen yaitu true experimental design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 anak dan II B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 anak.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran matematika baik di kelas maupun di luar kelas, metode wawancara untuk menghimpun data mengenai lemahnya kemampuan berhitung perkalian di MI Tamrinut Thullab Jepara serta metode apa yang digunakan dalam pembelajaran, metode dokumentasi untuk mendapatkan data berupa nama semua siswa yang terkait dalam penelitian dan metode tes untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksprerimen dan post-test setelah mendapatkan treatment. Kedua kelas di uji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas sebelum di beri perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen dengan metode jarimatika, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test dua sampel independen pihak kanan. Hasil pengujian hipotesis di peroleh |
id |
IOS2754.7577 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2018-04-19T23:00:00Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:34:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821513390358528 |
score |
17.538404 |