Efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara tahun pelajaran 2016/2017

Main Author: Setya, Afrizal Hadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/1/123911025.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/
ctrlnum 7577
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/</relation><title>Efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara tahun pelajaran 2016/2017</title><creator>Setya, Afrizal Hadi</creator><subject>372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara. &#xD; &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen yaitu true experimental design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 anak dan II B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 anak. &#xD; &#xD; Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran matematika baik di kelas maupun di luar kelas, metode wawancara untuk menghimpun data mengenai lemahnya kemampuan berhitung perkalian di MI Tamrinut Thullab Jepara serta metode apa yang digunakan dalam pembelajaran, metode dokumentasi untuk mendapatkan data berupa nama semua siswa yang terkait dalam penelitian dan metode tes untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksprerimen dan post-test setelah mendapatkan treatment. Kedua kelas di uji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas sebelum di beri perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen dengan metode jarimatika, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. &#xD; &#xD; Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test dua sampel independen pihak kanan. Hasil pengujian hipotesis di peroleh</description><date>2017-06-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/1/123911025.pdf</identifier><identifier> Setya, Afrizal Hadi (2017) Efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>7577</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Setya, Afrizal Hadi
title Efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara tahun pelajaran 2016/2017
publishDate 2017
topic 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/1/123911025.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7577/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas II MI Tamrinut Thullab Sowanlor Kedung Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen yaitu true experimental design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 anak dan II B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran matematika baik di kelas maupun di luar kelas, metode wawancara untuk menghimpun data mengenai lemahnya kemampuan berhitung perkalian di MI Tamrinut Thullab Jepara serta metode apa yang digunakan dalam pembelajaran, metode dokumentasi untuk mendapatkan data berupa nama semua siswa yang terkait dalam penelitian dan metode tes untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksprerimen dan post-test setelah mendapatkan treatment. Kedua kelas di uji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas sebelum di beri perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen dengan metode jarimatika, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test dua sampel independen pihak kanan. Hasil pengujian hipotesis di peroleh
id IOS2754.7577
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2018-04-19T23:00:00Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821513390358528
score 17.538404