Implementasi manajemen dakwah dalam pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) Yaummi Maziyah Assa’adah Pati

Main Author: Millah, Zahrotu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7557/1/131311117.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7557/
Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul: Implementasi Manajemen Dakwah dalam Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah Yaummi Maziyah Assa’adah Pati. Penelitian ini merupakan salah satu upaya penulis untuk mencoba mengetahui bagaimana implementasi manajemen dakwah di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah Yaummi Maziyah Assa’adah Pati, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah Yaummi Maziyah Assa’adah Pati. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi yang dilakukan untuk mengamati hal yang berkaitan dengan implementasi manajemen dakwah di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syar’ah Yaummi Maziyah Assa’adah, dokumentasi berupa catatan, buku, dan juga brosur di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syar’ah Yaummi Maziyah Assa’adah, dan wawancara dengan pimpinan, karyawan dan juga nasabah di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syar’ah Yaummi Maziyah Assa’adah. Dan analisisnya menggunakan deskriptif empiris. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, (1) Dalam Implementasi Manajemen Dakwah di Koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah yaummi maziyah assa’adah Pati menggunakan fungsi manajemen dakwah yaitu: perencanaan dakwah (takhthith), pengorganisasian dakwah (Thanzim), penggerakan dakwah (Thanzim), dan pengendalian dan evaluasi dakwah (Riqabah) (2) Sedangkan factor pendukung dan penghambat adalah, factor pendukung: dukungan umat islam, dukungan dari lembaga keuangan Islam, pelayanan prima terhadap nasabah, lokasi yang mudah dijangkau, pemberian pinjaman lunak qordhul hasan, pelayanan yang ramah, dan juga pembukaan kantor-kantor cabang di desa-desa adalah wujud pengabdian Yaummi kepada seluruh lapisan masyarakat. Adapun factor penghambatnya adalah: berprasangka baik kepada semua nasabah, tingkat persaingan yang tinggi, pengetahuan masyarakat masih minim tentang koperasi syari’ah dan produk-produknya.