ctrlnum 7546
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/</relation><title>Studi komparasi hasil belajar PAI antara siswa yang mengikuti madrasah diniyah dengan yang tidak mengikuti madrasah diniyah kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon Semarang tahun pelajaran 2016/2017</title><creator>Ashari, Heri</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) bagaimanakah hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, (2) bagaimanakah hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, (3) perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang mengikuti dan yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research).&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode survei dengan teknik komparasi. Adapun untuk pengumpulan data penulis menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode wawancara atau interview, dan metode observasi.&#xD; Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus t-tes. Dari variabel yang ada, yaitu variabel X1 (Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah) terdapat nilai rata-rata 80,46 termasuk kategori baik, sedangkan variabel X2 (Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah) terdapat nilai rata-rata 75,92 dan termasuk kategori cukup.&#xD; Pengujian hipotesis menggunakan analisis t-test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam bidang hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon Semarang. Hal ini dapat diketahui dari nilai X0 (nilai t-test hasil observasi atau empirik) yaitu 2,469 lebih besar pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,046, namun nilai X0 (nilai t-test hasil observasi atau empirik) pada taraf signifikansi 1% lebih kecil yaitu 2,797. Apabila ditulis dalam bentuk angka maka 2,469 &gt; 2,046 dan 2,469 &lt; 2,797.&#xD; Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah dengan siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah, atau siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam lebih baik dibanding siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi pada siswa yang belum mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, agar belajar lebih giat lagi, atau ikut pada pembelajaran di Madrasah Diniyah. Bagi siswa yang sudah mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah juga diharapkan dapat meningkatkan hasilnya.</description><date>2017-06-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/2/BAB%20I%20edit.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/3/BAB%20II%20edit.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/4/BAB%20III%20Edit.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/5/BAB%20IV%20Edit.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/6/BAB%20V%20Edit.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/8/Lampiran%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/9/riwayat%20hidup.pdf</identifier><identifier> Ashari, Heri (2017) Studi komparasi hasil belajar PAI antara siswa yang mengikuti madrasah diniyah dengan yang tidak mengikuti madrasah diniyah kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>7546</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ashari, Heri
title Studi komparasi hasil belajar PAI antara siswa yang mengikuti madrasah diniyah dengan yang tidak mengikuti madrasah diniyah kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon Semarang tahun pelajaran 2016/2017
publishDate 2017
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/2/BAB%20I%20edit.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/3/BAB%20II%20edit.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/4/BAB%20III%20Edit.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/5/BAB%20IV%20Edit.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/6/BAB%20V%20Edit.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/8/Lampiran%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/9/riwayat%20hidup.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7546/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) bagaimanakah hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, (2) bagaimanakah hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, (3) perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang mengikuti dan yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode survei dengan teknik komparasi. Adapun untuk pengumpulan data penulis menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode wawancara atau interview, dan metode observasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus t-tes. Dari variabel yang ada, yaitu variabel X1 (Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah) terdapat nilai rata-rata 80,46 termasuk kategori baik, sedangkan variabel X2 (Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah) terdapat nilai rata-rata 75,92 dan termasuk kategori cukup. Pengujian hipotesis menggunakan analisis t-test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam bidang hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon Semarang. Hal ini dapat diketahui dari nilai X0 (nilai t-test hasil observasi atau empirik) yaitu 2,469 lebih besar pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,046, namun nilai X0 (nilai t-test hasil observasi atau empirik) pada taraf signifikansi 1% lebih kecil yaitu 2,797. Apabila ditulis dalam bentuk angka maka 2,469 > 2,046 dan 2,469 < 2,797. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah dengan siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah, atau siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam lebih baik dibanding siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi pada siswa yang belum mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, agar belajar lebih giat lagi, atau ikut pada pembelajaran di Madrasah Diniyah. Bagi siswa yang sudah mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah juga diharapkan dapat meningkatkan hasilnya.
id IOS2754.7546
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2018-07-25T05:54:31Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821515374264320
score 17.538404