تطبيق الطريقة المباشرة في ترقية مهارة الكلام لدى تلاميذ الصف الثامن بمدرسة " هداية المستفيدين " الثانوية الإسلامية في قدس

Main Author: Tamami, Lutfi Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7541/1/103211022_Lutfi_Nur_Tamami.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7541/
Daftar Isi:
  • Tujuan utama skripsi ini adalah menerangkan penerapan metode langsung dalam peningkatan keterampilan berbicara untuk siswa kelas VIII Mdrasah Tsanawiyah “Hidayatul Mustafidin“ di kudus. Penulis menjelaskan metodologi penelitian yaitu sumber data, diantaranya guru bahasa arab, petugas tata usaha, kepala sekolah, siswa, dan beberapa buku yang berkaitan dengan pembahasan. Adapun metode yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data-data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis mengambil kesimpulan dalam menganalisis data kualitatif yaitu dengan menyusun kalimat yang dipanjangkan. Dan juga menganalisis data yang digunakan oleh penulis dan langkah-langkahnya. Yaitu dengan menganalisis data yang ada dari sekian sumber data, baik dari observasi, menganalisis dan data-data yang lain. Dalam menjelaskan data dengan cara merangkum dan menyusun data-data menjadi satu kesatuan, juga dengan memberikan penjelasan pada masing-masing kesimpulan, serta mengecek kebenaran data. Penulis memperoleh kesimpulan dari pembahasan ini yaitu bahwa penerapan metode langsung di dalam peningkatan keterampilan berbicara untuk siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah “Hidayatul Mustafidin“ di Kudus sudah memenuhi syarat ataupun standar dalam mendidik dan mengajar. Penerapan ini mencakup keterampilan berbicara di madrasah ini. Karena terdapat asrama siswa dengan menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris. Adapun metode pembelajaran yang digunakan di dalam pembelajaran keterampilan berbicara yaitu dengan menggunakan metode langsung, sedangkan langkah-langkahnya yaitu pertama, guru membacakan mufrodat dengan ucapan yang benar dan jelas dengan memberi isyaroh kepada barang atau sesuatu yang berhubungan. Kedua, murid mengikuti bacaan guru bersama-sama. Ketiga, guru menjelaskan mufrodat. Keempat, guru menyuruh murid untuk membaca. Kelima, siswa menghafalkan mufrodat, keenam, guru memberikan latihan-latihan. Ketujuh, guru mengevaluasi setelah pembelajaran.