Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas Korelasi Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas VIII-IX MTs Daarul ‘Ulum Tamansari Tlogowungu Pati Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana Kemandirian belajar Siswa Kelas VIII-IX MTs Daarul ‘Ulum Tamansari Tlogowungu Pati Tahun Ajaran 2012-2013. 2) Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran fikih siswa kelas VIII-IX MTs Daarul ‘Ulum Tamansari Tlogowungu Pati Tahun Ajaran 2012-2013. 3). Bagaimana korelasi Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas VIII-IX MTs Daarul ‘Ulum Tamansari Tlogowungu Pati Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling yaitu random sampling dengan teknik analisis produck moment. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi yaitu 180 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumen untuk menjaring data X dan Y. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kemandirian belajar siswa menunjukkan perolehan rata-rata (mean) sebesar 63 pada interval 50-64 ini berarti kemandirian belajar siswa di MTs Daarul ’Ulum tahun pelajaran 2012/ 2013 memiliki kategori “Cukup”. Prestasi belajar siswa menunjukkan perolehan (Mean) rata-rata sebesar 70 pada interval 50-74, ini berarti prestasi belajar siswa kelas VIII-IX di di MTs Daarul ’Ulum tahun pelajaran 2012/ 2013 memiliki kategori “Cukup”. Setelah diketahui dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan dimana terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar (X) dengan prestasi belajar siswa (Y) kelas VIII di MTs Daarul ’Ulum tahun pelajaran 2012/ 2013. Hal ini terbukti bahwa pada taraf signifikan 5% = 0,288 dan 1% = 0,372. Karena rxy= 0,819 > 0,288 (5%) dan 1% = 0,819 > 0,372 , maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel X dan Y signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran fikih siswa kelas VIII-IX di MTs Daarul ’Ulum tahun pelajaran 2012/ 2013.